PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, MEDIA IKLAN DAN SOSIALISASI KOPERASI SYARIAH TERHADAP MINAT SIMPAN PINJAM NELAYAN MUSLIM TEGAL SARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran, media iklan dan sosialisasi koperasi syariah terhadap minat simpan pinjam Nelayan Muslim di Tegal Sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Sempel dalam penelitian ini adalah Nelayan Muslim di Tegal sari yang berminat di Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Kota Tegal, sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 40 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini secara parisial menunjukan bahwa: 1) Variabel komunikasi pemasaran berpengaruh positif signifikan terhadap minat simpan pinjam Nelayan Muslim di Tegal Sari kepada Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Kota Tegal 2) media iklan berpengaruh positif signifikan terhadap minat simpan pinjam Nelayan Muslim di Tegal Sari kepada Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Kota Tegal 3) variabel sosialisasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap minat simpan pinjam Nelayan Muslim di Tegal Sari kepada Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Kota Tegal. Secara simultan komunikasi pemasaran, media iklan dan sosialisasi memiliki nilai signifikansi 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel komunikasi pemasaran, media iklan dan sosialisasi berpengaruh terhadap terhadap minat simpan pinjam Nelayan Muslim di Tegal Sari kepada Koperasi Simpan Pinjam Jasa Syariah Kota Tegal.