PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PBMT TRAVEL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan word of mouth terhadap kepuasan konsumen di PBMT Travel pada BMT Beringharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 70 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda untuk menguji hipotesis dengan program IBM SPPS Statistic 21. Berdasarkan hasil penelitian, meununjukkan vahwa variabel independen kualitas pelayanan (X1), harga (X2), word of mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial. Secara simultan kualitas pelayanan, harga, word of mouth memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen jama’ah umroh PBMT Travel Yogyakarta.