dc.contributor.advisor | MADJID, ABD | |
dc.contributor.author | WARDANI, RISKA RAHAYU | |
dc.date.accessioned | 2020-02-18T03:55:30Z | |
dc.date.available | 2020-02-18T03:55:30Z | |
dc.date.issued | 2019-12-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31809 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam
menggunakan metode mendongeng di Raudhathul Masyithoh Kangkung Desa
Ngeposari Kecamatan Semanu, serta menganalisis problematika implementasi
kreativitas guru dalam menggunakan metode mendongeng di Raudhathul
Masyithoh Kangkung.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sampel
secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diolah berdasarkan dengan teknik
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan kreativitas guru dalam
menerapkan metode mendongeng di Raudhathul Athfal Masyithoh Kangkung Desa
Ngeposari Desa Semanu terbilang kreatif, karena guru di Raudhathul Masyithoh
pada umumnya dapat membuat dan melakukan bagian dari kreatif mendongeng. 2)
Problematika implementasi kreativitas guru dalam menerapkan metode
mendongeng di Raudhathul Masyithoh Kangkung yaitu terletak pada kemampuan
guru itu sendiri dalam mengembangkan kreativitasnya, penggunaan alat peraga
edukatif (APE), dan pemilihan alur cerita yang tepat dalam dongeng. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam
menggunakan metode mendongeng di Raudhathul Masyithoh Kangkung Desa
Ngeposari Kecamatan Semanu, serta menganalisis problematika implementasi
kreativitas guru dalam menggunakan metode mendongeng di Raudhathul
Masyithoh Kangkung.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sampel
secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diolah berdasarkan dengan teknik
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan kreativitas guru dalam
menerapkan metode mendongeng di Raudhathul Athfal Masyithoh Kangkung Desa
Ngeposari Desa Semanu terbilang kreatif, karena guru di Raudhathul Masyithoh
pada umumnya dapat membuat dan melakukan bagian dari kreatif mendongeng. 2)
Problematika implementasi kreativitas guru dalam menerapkan metode
mendongeng di Raudhathul Masyithoh Kangkung yaitu terletak pada kemampuan
guru itu sendiri dalam mengembangkan kreativitasnya, penggunaan alat peraga
edukatif (APE), dan pemilihan alur cerita yang tepat dalam dongeng. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | kreativitas guru, metode mendongeng. | en_US |
dc.title | KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE MENDONGENG DI RAUDHATUL ATHFAL MASYITHOH KANGKUNG DESA NGEPOSARI KECAMATAN SEMANU | en_US |
dc.type | Thesis SKR FAI 429 | en_US |