PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STRATEGI NURUL AZKA DALAM MENGELOLA AKUN @NUNUZOO)
Abstract
Dakwah merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim, yang mencerminkan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Zaman yang terus berkembang pesat dengan teknologi yang selaras dengan media komunikasi dakwah untuk seorang da’i Media sosial instagram adalah satu diantara sarana media dakwah yang sesuai pada saat ini seorang selebgram atau konten kreator Nurul Azka mampu mengurgensikan pengembangan zaman dengan berdakwah dalam menggunakan sosial media dengan pemanfaatan fitur dan mengelola dengan fitur Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan menunjukan da’i di era milenial Nurul Azka yang berdakwah menggunakan media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa sanya dalam proses pemanfaatan media sosial instagram sebagai media dakwah Nurul Azka (1) Menggunakan fitur - fitur instagram dalam berdakwah khusunya fitur postingan video (2) Nurul Azka dalam menyampaikan dakwah nya mengembembangkan metode dakwah bil haal disbanding metode bil haal, bil Qalam dan bil lisan. adapun faktor pendukung berupa motivasi diri sendiri atas kewajiban berdakwah kepada Allah, media sosial yang mudah dijangkau dan antusiasme para pengikut dan faktor penghambat dalam menentukan ide dan konsep, dan membagi atau memanage waktunya dalam membuat deadline konten dan kuliah.