dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | PRIHANTINI, NUR FITRIANA | |
dc.date.accessioned | 2020-02-20T03:02:05Z | |
dc.date.available | 2020-02-20T03:02:05Z | |
dc.date.issued | 2020-01-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31856 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kepemimpinan kewirausahaan
kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta,
mengetahui keberhasilan dari kepememimpinan kewirausahaan, mengetahui kelemahan dari
kepemimpinan kewirausahaan, dan strategi dalam mengatasi kelemahan kepemimpinan
kewirausahaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu kualitatif
deksriptif dengan jenis penelitian lapangan. Informan pada penelitian ini meliputi kepala
sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul
dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta sudah mampu mengimplementasikan kepemimpinan
kewirausahaan dengan memenuhi delapan indikator yaitu : mampu menciptakan inovasi, bekerja
keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, memiliki motivasi yang kuat, memiliki naluri
kewirausahaan, mampu mengeksploitasi peluang, internal locus of control (efikasi diri),
pengambil risiko, dan kepemimpinan. 2) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan
kepala sekolah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta berhasil menerapkan kepemimpinan
kewirausahaan. 3) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan kepala sekolah SDIT
Alam Nurul Islam Yogyakarta dalam memimpin sekolah memiliki kelemahan. 4) Dalam
mengatasi kelemahannya, kepala sekolah memiliki strateginya masing-masing. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kepemimpinan kewirausahaan
kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta,
mengetahui keberhasilan dari kepememimpinan kewirausahaan, mengetahui kelemahan dari
kepemimpinan kewirausahaan, dan strategi dalam mengatasi kelemahan kepemimpinan
kewirausahaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu kualitatif
deksriptif dengan jenis penelitian lapangan. Informan pada penelitian ini meliputi kepala
sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul
dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta sudah mampu mengimplementasikan kepemimpinan
kewirausahaan dengan memenuhi delapan indikator yaitu : mampu menciptakan inovasi, bekerja
keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, memiliki motivasi yang kuat, memiliki naluri
kewirausahaan, mampu mengeksploitasi peluang, internal locus of control (efikasi diri),
pengambil risiko, dan kepemimpinan. 2) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan
kepala sekolah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta berhasil menerapkan kepemimpinan
kewirausahaan. 3) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan kepala sekolah SDIT
Alam Nurul Islam Yogyakarta dalam memimpin sekolah memiliki kelemahan. 4) Dalam
mengatasi kelemahannya, kepala sekolah memiliki strateginya masing-masing. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Kepemimpinan kewirausahaan, kepala sekolah. | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN KEPEMIMPINAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL DAN SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis SKR FAI 466 | en_US |