Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorPRIHANTINI, NUR FITRIANA
dc.date.accessioned2020-02-20T03:02:05Z
dc.date.available2020-02-20T03:02:05Z
dc.date.issued2020-01-14
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31856
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, mengetahui keberhasilan dari kepememimpinan kewirausahaan, mengetahui kelemahan dari kepemimpinan kewirausahaan, dan strategi dalam mengatasi kelemahan kepemimpinan kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian lapangan. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta sudah mampu mengimplementasikan kepemimpinan kewirausahaan dengan memenuhi delapan indikator yaitu : mampu menciptakan inovasi, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, memiliki motivasi yang kuat, memiliki naluri kewirausahaan, mampu mengeksploitasi peluang, internal locus of control (efikasi diri), pengambil risiko, dan kepemimpinan. 2) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan kepala sekolah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta berhasil menerapkan kepemimpinan kewirausahaan. 3) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan kepala sekolah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta dalam memimpin sekolah memiliki kelemahan. 4) Dalam mengatasi kelemahannya, kepala sekolah memiliki strateginya masing-masing.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta, mengetahui keberhasilan dari kepememimpinan kewirausahaan, mengetahui kelemahan dari kepemimpinan kewirausahaan, dan strategi dalam mengatasi kelemahan kepemimpinan kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu kualitatif deksriptif dengan jenis penelitian lapangan. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta sudah mampu mengimplementasikan kepemimpinan kewirausahaan dengan memenuhi delapan indikator yaitu : mampu menciptakan inovasi, bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, memiliki motivasi yang kuat, memiliki naluri kewirausahaan, mampu mengeksploitasi peluang, internal locus of control (efikasi diri), pengambil risiko, dan kepemimpinan. 2) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan kepala sekolah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta berhasil menerapkan kepemimpinan kewirausahaan. 3) Kepala sekolah SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan kepala sekolah SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta dalam memimpin sekolah memiliki kelemahan. 4) Dalam mengatasi kelemahannya, kepala sekolah memiliki strateginya masing-masing.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKepemimpinan kewirausahaan, kepala sekolah.en_US
dc.titlePERBANDINGAN KEPEMIMPINAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH SD UNGGULAN ‘AISYIYAH BANTUL DAN SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 466en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record