EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD HJ.ISRIATI BAITURRAHMAN 1 DAN SD BINA HARAPAN SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi input program inklusi di SD
Hj. Isriati Baiturrahman 1 dan SD Bina Harapan Semarang. Selain itu penelitian
ini untuk mengetahui keberhasilan program inklusi yang dimiliki oleh masingmasing
sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian evauatif komparatif. Tempat penelitian ini di SD Hj. Isriati
Baiturrahman 1 dan SD Bina Harapan Semarang. Adapun subyek penelitian ini
adalah Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas, Guru Pendamping Khusus/Shadow
Teacher dan Siswa ABK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 dan SD
Bina Harapan merupakan sekolah yang tercatat sebagai sekolah regular di Dinas
Pendidikan, kedua sekolah ini sama-sama menerima siswa ABK di sekolah sejak
awal berdiri. Hal ini didasari karena setiap anak berhak mendapatkan pendidikan.
Sekolah mempersiapkan Guru Pendamping Khusus untuk siswa ABK juga
bekerja sama dengan psikolog dalam melakukan assessment untuk
mengidentifikasi dan terapi untuk siswa ABK. Sarana prasarana yang ada di
sekolah layaknya sekolah regular, belum ada fasilitas khusus yang disiapkan
sekolah untuk siswa ABK. Adapun keberhasilan program inklusi yang diterapkan
oleh kedua sekolah adalah siswa ABK mampu mengikuti UN dan lulus dengan
nilai minimal yang ditentukan oleh sekolah. Kedua sekolah memiliki manajemen
yang berbeda, misalnya di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 sekolah memberikan jam
belajar tambahan bagi siswa ABK sedangkan di SD Bina Harapan siswa ABK
mendapatkan terapi dengan psikolog seminggu sekali.