dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | FAUZI, M. RISKY | |
dc.date.accessioned | 2020-02-20T06:54:22Z | |
dc.date.available | 2020-02-20T06:54:22Z | |
dc.date.issued | 2019-12-23 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31889 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang ditanamkan oleh guru
Pendidikan Agama Islam yang telah dirumuskan oleh sekolah dan mengetahui
strategi dalam meningkatkan karakter serta mengetahui faktor penghambat dan
pendukung Pendidikan Agama Islam berbasisi karakter di SMA Muhammadiyah
Boarding School Bantul.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi sebagai tekhnik pengumpulan data. Adapun subjek
yang masuk dalam kreteria dipenelitian yaitu 2 guru Pendidikan Agama Islam,
kepala sekolah dan siswa/i SMA Muhammadiyah Boarding School Bantul. Setelah
data diperoleh, kemudian menganalisis dengan melakukan perbandingan dengan
penelitian terdahulu.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: (1). Nilai karakter yang
ditanamkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu: religius, jujur, toleransi,
disiplin, kreatif ,mandir, demokratis, semangat kebangsaan dan Nasionalisme,
menghargai presetasi dan peduli sosial, (2). Strategi guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan karakter siswa yaitu dengan: keteladanan, kedisiplinan,
Pembiasaan dan Integrasi, (3). Faktor penghambat dan pendukung penanaman
karakter ada dua, Internal dan Eksternal.pada faktor pendukung internal terbagi
menjadi dua bagian yaitu fasilitas dan ektrakurikuler, sedangkan faktor pendukung
eksternalnya terbagi menjadi dua: Orang tua dan lokasi sekolah yang strategis.
Adapun faktor penghambat terbagi menjadi dua yaitu Internal dan Eksternal, di
dalam faktor internal terbagi menajdi dua yaitu siswa dan guru, sedangkan dalam
faktor eksternalnya tidak ada. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang ditanamkan oleh guru
Pendidikan Agama Islam yang telah dirumuskan oleh sekolah dan mengetahui
strategi dalam meningkatkan karakter serta mengetahui faktor penghambat dan
pendukung Pendidikan Agama Islam berbasisi karakter di SMA Muhammadiyah
Boarding School Bantul.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi sebagai tekhnik pengumpulan data. Adapun subjek
yang masuk dalam kreteria dipenelitian yaitu 2 guru Pendidikan Agama Islam,
kepala sekolah dan siswa/i SMA Muhammadiyah Boarding School Bantul. Setelah
data diperoleh, kemudian menganalisis dengan melakukan perbandingan dengan
penelitian terdahulu.
Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: (1). Nilai karakter yang
ditanamkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu: religius, jujur, toleransi,
disiplin, kreatif ,mandir, demokratis, semangat kebangsaan dan Nasionalisme,
menghargai presetasi dan peduli sosial, (2). Strategi guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan karakter siswa yaitu dengan: keteladanan, kedisiplinan,
Pembiasaan dan Integrasi, (3). Faktor penghambat dan pendukung penanaman
karakter ada dua, Internal dan Eksternal.pada faktor pendukung internal terbagi
menjadi dua bagian yaitu fasilitas dan ektrakurikuler, sedangkan faktor pendukung
eksternalnya terbagi menjadi dua: Orang tua dan lokasi sekolah yang strategis.
Adapun faktor penghambat terbagi menjadi dua yaitu Internal dan Eksternal, di
dalam faktor internal terbagi menajdi dua yaitu siswa dan guru, sedangkan dalam
faktor eksternalnya tidak ada. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Strategi, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Karakter. | en_US |
dc.title | STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL BANTUL | en_US |
dc.type | Thesis SKR FAI 433 | en_US |