Show simple item record

dc.contributor.advisorMAKRUFI, ANNISA DWI
dc.contributor.authorMONICA, SRI DEVI
dc.date.accessioned2020-02-21T02:57:57Z
dc.date.available2020-02-21T02:57:57Z
dc.date.issued2019-12-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31903
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Tes Formatif soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah hasil ujian Tengah Semester peserta didik kelas VII A dan E SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anbuso 8.0 dan perhitungan manual menggunakan Ms.Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal Aqidah Akhlak: (1) Segi Validitas, 26 soal atau 65% kategori valid dan 14 soal atau 35% kategori tidak valid; (2) Reliabilitas soal menunjukkan dari 40 butir soal termasuk reliabel koefisien tingkat tinggi, karena dari analisis menghasilkan angka 0,754; (3) Indeks kesukaran 25 butir soal sekitar 62,5% kategori mudah, 12 soal sekitar 30% kategori sedang, 3 soal sekitar 7,5% kategori sukar; (4) Daya Pembeda 17 butir soal sekitar 42,5% kategori tidak baik, 9 soal sekitar 22,5% kategori cukup baik, 14 soal sekitar 35% kategori baik; (5) Efektifitas pengecoh terdapat 10 butir soal sekitar 25% kategori sangat baik, 9 butir soal sekitar 22,5% kategori baik, 17 soal sekitar 42,5% cukup baik dan 4 soal sekitar 10% tidak baik dan harus direvisi ataupun ditingkatkan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Tes Formatif soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah hasil ujian Tengah Semester peserta didik kelas VII A dan E SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anbuso 8.0 dan perhitungan manual menggunakan Ms.Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal Aqidah Akhlak: (1) Segi Validitas, 26 soal atau 65% kategori valid dan 14 soal atau 35% kategori tidak valid; (2) Reliabilitas soal menunjukkan dari 40 butir soal termasuk reliabel koefisien tingkat tinggi, karena dari analisis menghasilkan angka 0,754; (3) Indeks kesukaran 25 butir soal sekitar 62,5% kategori mudah, 12 soal sekitar 30% kategori sedang, 3 soal sekitar 7,5% kategori sukar; (4) Daya Pembeda 17 butir soal sekitar 42,5% kategori tidak baik, 9 soal sekitar 22,5% kategori cukup baik, 14 soal sekitar 35% kategori baik; (5) Efektifitas pengecoh terdapat 10 butir soal sekitar 25% kategori sangat baik, 9 butir soal sekitar 22,5% kategori baik, 17 soal sekitar 42,5% cukup baik dan 4 soal sekitar 10% tidak baik dan harus direvisi ataupun ditingkatkan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAnalisis Butir Soal, Tes Formatif, Aqidah Akhlaken_US
dc.titleANALISIS BUTIR TES FORMATIF SOAL PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020en_US
dc.typeThesis SKR FAI 432en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record