ANALISIS BUTIR TES FORMATIF SOAL PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Tes Formatif soal
Pilihan Ganda Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di SMP Muhammadiyah
3 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah hasil
ujian Tengah Semester peserta didik kelas VII A dan E SMP Muhammadiyah 3
Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anbuso 8.0 dan perhitungan
manual menggunakan Ms.Excel.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal Aqidah Akhlak: (1)
Segi Validitas, 26 soal atau 65% kategori valid dan 14 soal atau 35% kategori tidak
valid; (2) Reliabilitas soal menunjukkan dari 40 butir soal termasuk reliabel
koefisien tingkat tinggi, karena dari analisis menghasilkan angka 0,754; (3) Indeks
kesukaran 25 butir soal sekitar 62,5% kategori mudah, 12 soal sekitar 30% kategori
sedang, 3 soal sekitar 7,5% kategori sukar; (4) Daya Pembeda 17 butir soal sekitar
42,5% kategori tidak baik, 9 soal sekitar 22,5% kategori cukup baik, 14 soal sekitar
35% kategori baik; (5) Efektifitas pengecoh terdapat 10 butir soal sekitar 25%
kategori sangat baik, 9 butir soal sekitar 22,5% kategori baik, 17 soal sekitar 42,5%
cukup baik dan 4 soal sekitar 10% tidak baik dan harus direvisi ataupun
ditingkatkan.