View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS BUTIR TES FORMATIF SOAL PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (192.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (601.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (58.77Kb)
      ABSTRAK (178.9Kb)
      BAB I (475.8Kb)
      BAB II (594.2Kb)
      BAB III (427.6Kb)
      BAB IV (722.5Kb)
      BAB V (179.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (393.9Kb)
      LAMPIRAN (1.219Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (540.8Kb)
      Date
      2019-12-24
      Author
      MONICA, SRI DEVI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir Tes Formatif soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah hasil ujian Tengah Semester peserta didik kelas VII A dan E SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anbuso 8.0 dan perhitungan manual menggunakan Ms.Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal Aqidah Akhlak: (1) Segi Validitas, 26 soal atau 65% kategori valid dan 14 soal atau 35% kategori tidak valid; (2) Reliabilitas soal menunjukkan dari 40 butir soal termasuk reliabel koefisien tingkat tinggi, karena dari analisis menghasilkan angka 0,754; (3) Indeks kesukaran 25 butir soal sekitar 62,5% kategori mudah, 12 soal sekitar 30% kategori sedang, 3 soal sekitar 7,5% kategori sukar; (4) Daya Pembeda 17 butir soal sekitar 42,5% kategori tidak baik, 9 soal sekitar 22,5% kategori cukup baik, 14 soal sekitar 35% kategori baik; (5) Efektifitas pengecoh terdapat 10 butir soal sekitar 25% kategori sangat baik, 9 butir soal sekitar 22,5% kategori baik, 17 soal sekitar 42,5% cukup baik dan 4 soal sekitar 10% tidak baik dan harus direvisi ataupun ditingkatkan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31903
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV