Show simple item record

dc.contributor.advisorRELAWATI, AMBAR
dc.contributor.authorCAHYANI, AFRILIA NUR
dc.date.accessioned2020-02-21T03:10:19Z
dc.date.available2020-02-21T03:10:19Z
dc.date.issued2019-05-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31905
dc.descriptionLatar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang banyak diderita oleh masyarakat. Hipertensi dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor risiko antara lain: obesitas, kurang aktivitas atau olahraga, orang yang mengonsumsi garam terlalu banyak, kosumsi alkohol dan merokok. Pendidikan kesehatan merupakan satu upaya dalam meningkatkan self awareness dan juga untuk memotivasi masyarakat agar berhenti merokok serta minum alkohol. Setiap orang memiliki ilmu dan self awareness yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi dirinya agar menjadi lebih baik. Tinggi rendahnya ilmu dapat dipengaruhi oleh pendidikan, lingkungan dan pengalaman. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh edukasi dampak merokok dan minum alkohol terhadap self awareness faktor risiko hipertensi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Desain penelitian ini adalah desain penelitian yang menggunakan quasi experiment dengan menggunakan pendekatan pre-test & post-test with control group design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 27 responden (kelompok intervensi) dan 27 responden (kelompok kontrol). Teknik sampling dalam penelitian ini adalah clusster sampling. Hasil Penelitian: Hasil uji Mann-Withney U pada nilai pre test self awareness antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan nilai signifikan 0,746. Hasil tersebut bermakna bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pre test self awareness antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebelum diberikan pendidikan kesehatan. Sedangkan hasil uji Mann-Whitney U pada nilai post test self awareness antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan nilai signifikansi 0,027. Hasil tersebut bermakna bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai post test self awareness antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan pendidikan kesehatan. Hasil uji Wilcoxon nilai pre-test dan post-test self-awareness pada kelompok intervensi didapatkan nilai signifikan p=0,000. Hasil tersebut bermakna bahwa terdapat peningkatan secara signifikan pada self-awareness pre-test dan post- test pada kelompok intervensi. Sedangkan hasil uji Wilcoxon pada nilai pre-test dan post-test self-awareness pada kelompok kontrol didapatkan nilai signifikan p=0,102. Hasil tersebut memiliki makna bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan nilai self awareness antara pre test dan post test pada kelompok kontrol. Kesimpulan: Edukasi faktor risiko hipertensi ( merokok dan alkohol ) berpengaruh tehadap self awareness mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Saran: Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media edukasi yang lebih menariken_US
dc.description.abstractBackground: Hypertension is one of the cardiovascular diseases suffered by many people. Hypertension can cause a variety of risks: obesity, lack of activity or exercise, people who consume too much salt, consume alcohol and smoke. Health education is an effort to increase self-awareness and also to motivate people to stop smoking and drinking alcohol. Everyone has different knowledge and self-awareness that can affect themselves for the better. High and low knowledge about education, environment and experience. Objective: To study the effect of education on smoking and drinking alcohol on self-awareness of risk factors for hypertension in Muhammadiyah University Yogyakarta students. Method: The design of this study is a research design that uses quasi-experimental using a pre-test & post-test approach with a control group design. The number of samples in this study were 27 respondents (intervention group) and 27 respondents (control group). The sampling technique in this study was clusster sampling. Results: The results of the Mann-Withney U test on the pre-test of self-awareness between the intervention group and the control group obtained a significant value of 0.746. These results showed a significant difference in the value of the pre-test of self-awareness between the intervention group and the control group before being given health education. While the results of the Mann-Whitney U test on the value of post test self-awareness between the intervention group and the control group obtained a significance value of 0.027. These results indicate a significant difference in the value of post test self-awareness between the intervention group and the control group after being given health education. The Wilcoxon test results of the self-awareness pre-test and post-test scores in the intervention group obtained a significant value of p = 0,000. These results showed a significant increase in self-awareness and post-test pre-test in the intervention group. While the results of the Wilcoxon test on the value of pre-test and post-test self-awareness in the control group obtained a significant value p = 0.102. Self awareness between pre test and post test in the control group. Conclusion: Educational risk factors for hypertension (smoking and alcohol) affect the self-awareness of Muhammadiyah University Yogyakarta students.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectHypertension, Self Awareness, Health Educationen_US
dc.titleEDUKASI DAMPAK MEROKOK DAN MINUM ALKOHOL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SELF AWARENESS DALAM MENGHINDARI FAKTOR RISIKO HIPERTENSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 337en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record