STRATEGI GURU ISMUBA DALAM PENANGGULANGAN AGRESIVITAS SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH KASIHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk perilaku agresif, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas, mengkaji strategi guru ISMUBA dalam mengatasi agresivitas, dan menemukan keberhasilan guru ISMUBA dalam mengatasi agresivitas perilaku siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan.
Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Bentuk perilaku agresif siswa di SMA Muhammadiyah Kasihan ialah berkelahi, merusak fasilitas sekolah, menyindir di media sosial, memanggil nama teman dengan sebutan lain, mengganggu teman, pacaran, membolos, keluar masuk kelas pada waktu jam pelajaran, keinginan keluar lingkungan sekolah, terlambat masuk sekolah, dan memelintir; 2) Faktor yang mempengaruhi agresivitas siswa di SMA Muhammadiyah kasihan antara lain: pergaulan teman sebaya, kurang perhatian dari orang tua, broken home, penggunaan handphone (hp), dan lingkungan masyarakat yang negatif; 3) Strategi guru ISMUBA dalam mengatasi agresivitas siswa dilakukan secara preventif dan kuratif. Tindakan preventif yaitu tindakan atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencegah terjadinya agresivitas siswa, dan tindakan kuratif yaitu tindakan atau penanganan yang dilakukan setelah terjadinya agresivitas siswa; 4) Upaya penanggulangan untuk mengatasi agresivitas perilaku siswa yang dilakukan oleh guru ISMUBA cukup berhasil. Dibuktikan dengan hasil yang positif pada perubahan perilaku siswa.