Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorPRANATA, LEO
dc.date.accessioned2020-03-03T01:36:02Z
dc.date.available2020-03-03T01:36:02Z
dc.date.issued2019-12-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32213
dc.descriptionTujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kesejahteraan psikologis siswa miskin dan regulasi diri siswa miskin, di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah siswa yang berkarakteristik sebagai siswa miskin di kelas V dan kelas VI yang berjumlah 6 siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji keabsahanan data meliputi uji kredibilitas perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi kesejahteraan psikologis siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul menggambarkan sikap-sikap yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian siswa dari 6 dimensi kesejahteraan 2) Siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul juga memiliki sikap regulasi diri yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya kemandirian dalam belajar maupun melakukan kegiatan. 3) Dampak kesejahteraan psikologis dan regulasi diri siswa miskin ini memiliki dampak positif yang dapat menjadikan dirinya lebih baik dan mengetahui kebutuhannya secara mandiri sehingga kekurangan maupun hambatan yang dihadapi dapat diselesaikan, serta tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai. Dampak positif tersebut memberikan pengaruh yang berkelanjutan bagi masa depan anak, karena sejak usia dasar sudah dapat belajar dan melakukan kegiatan secara mandiri.en_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kesejahteraan psikologis siswa miskin dan regulasi diri siswa miskin, di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah siswa yang berkarakteristik sebagai siswa miskin di kelas V dan kelas VI yang berjumlah 6 siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji keabsahanan data meliputi uji kredibilitas perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi kesejahteraan psikologis siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul menggambarkan sikap-sikap yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian siswa dari 6 dimensi kesejahteraan 2) Siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul juga memiliki sikap regulasi diri yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya kemandirian dalam belajar maupun melakukan kegiatan. 3) Dampak kesejahteraan psikologis dan regulasi diri siswa miskin ini memiliki dampak positif yang dapat menjadikan dirinya lebih baik dan mengetahui kebutuhannya secara mandiri sehingga kekurangan maupun hambatan yang dihadapi dapat diselesaikan, serta tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai. Dampak positif tersebut memberikan pengaruh yang berkelanjutan bagi masa depan anak, karena sejak usia dasar sudah dapat belajar dan melakukan kegiatan secara mandiri.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKesejahteraan Psikologis, Regulasi Diri, Siswa Miskinen_US
dc.titleKESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 446en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record