KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kesejahteraan psikologis
siswa miskin dan regulasi diri siswa miskin, di SD Muhammadiyah Tamantirto
Kasihan Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif
pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah siswa yang berkarakteristik sebagai
siswa miskin di kelas V dan kelas VI yang berjumlah 6 siswa di SD Muhammadiyah
Tamantirto Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji keabsahanan data
meliputi uji kredibilitas perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi kesejahteraan psikologis
siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul menggambarkan
sikap-sikap yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pencapaian siswa dari 6
dimensi kesejahteraan 2) Siswa miskin di SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan
Bantul juga memiliki sikap regulasi diri yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan
adanya kemandirian dalam belajar maupun melakukan kegiatan. 3) Dampak
kesejahteraan psikologis dan regulasi diri siswa miskin ini memiliki dampak positif
yang dapat menjadikan dirinya lebih baik dan mengetahui kebutuhannya secara
mandiri sehingga kekurangan maupun hambatan yang dihadapi dapat diselesaikan,
serta tujuan yang hendak diinginkan dapat tercapai. Dampak positif tersebut
memberikan pengaruh yang berkelanjutan bagi masa depan anak, karena sejak usia
dasar sudah dapat belajar dan melakukan kegiatan secara mandiri.