MENGUJI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VII DALAM MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS MELALUI MOBILE LEARNING
Abstract
Komunikasi merupakan cara kita menyampaikan dan mengungkapkan sesuatu agar seseorang dapat memahami apa yang kita ingin sampaikan dan kita pun dapat memahami apa yang lawan bicara kita sedang katakan. Pada saat kita sudah memahami bahasa negara kita sendiri, kita juga perlu memahami bahasa asing yang mayoritas seluruh belahan bumi gunakan agar kita dapat memahami hal apa yang sedang terjadi di luar sana dan kita pun dapat menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan. Bahasa universal yang mayoritas seluruh negara gunakan pada saat ini adalah bahasa Inggris. Tidak bisa kita pungkiri bahwa memang bahasa Inggris menjadi bahasa universal saat ini. Sebagai contoh perangkat elektronik yang biasa kita pakai menggunakan bahasa Inggris sebagai cara untuk menyampaikan fungsi dari setiap perintah kepada user. Bahkan website-website yang biasa kita kunjungi mayoritas pada pengaturan awalnya menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu pentingnya kita memahami bahasa Inggris untuk dapat mengikuti perkembangan yang ada di era globalisasi ini. Dengan penelitian ini, aplikasi pembelajaran pada platform smartphone (Mobile Learning) digunakan untuk mendukung pembelajaran dalam pemahaman bahasa Inggris bagi para generasi muda. Dampak positif yang didapatkan dari pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Mobile Learning adalah meningkatnya antusias siswa dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi waktu penyelesaian dan keseriusan dalam mempelajari materi dan mengerjakan soal-soal yang ada.