dc.contributor.author | CAKRAYUDHA, SOMANDARU AJI | |
dc.date.accessioned | 2020-03-05T04:02:48Z | |
dc.date.available | 2020-03-05T04:02:48Z | |
dc.date.issued | 2019-10-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32347 | |
dc.description | As one of the most popular board games, the Snakes and Ladders game was originally a game that did not contain elements such as strategy and was heavily dependent on luck factors. These weaknesses can reduce the game’s level of attraction in the eyes of players who want a "challenging" game because the course of this game is not affected by the player's ability.Because of that, there is a need for an innovation that can make this game more strategic. In previous research there have been attempt to modify this game to be more strategic with the system of buying and selling cards and installing snakes or ladders on an empty board. However, this research is still too focused on gameplay without considering outside of the game aspects and it is not suitable to be implemented as an online game. In fact, online games are now a very popular game in the world. Therefore this research will design a Game Design Document (GDD) to include online game elements in the gameplay and develop the outside of the game aspect. Previous snakes and ladders game will be analyzed for its shortcomings and then corrected so that the game becomes suitable as an online game. The result of the GDD was then tested using interview, observation and questionnaire methods with the playtester. From the test results, the game has met the balance, experience and strategy aspects which are necessary for an online game. This game also attracts interest from the playtester with results that meet some of the expected research targets. | en_US |
dc.description.abstract | Sebagai salah satu board game terkenal, permainan Ular Tangga pada awalnya merupakan permainan yang tidak mengandung unsur seperti strategi sehingga permainan ini terlalu bergantung pada faktor keberuntungan. Kelemahan tersebut juga akan menyebabkan berkurangnya tingkat daya tarik game ini di mata para player yang menginginkan game yang lebih ”menantang” dikarenakan jalannya game ini tidak terpengaruh oleh kemampuan player dalam memainkan game. Berdasarkan kekurangan yang ada, maka dibutuhkan suatu inovasi yang dapat membuat permainan ini menjadi lebih berunsur strategi. Dalam penelitian terdahulu sudah terdapat usaha untuk memodifikasi permainan ini menjadi lebih strategis dengan sistem jual beli kartu dan pemasangan ular atau tangga di board yang masih kosong. Namun penelitian tersebut masih terlalu fokus pada gameplay tanpa mempertimbangakan aspek outside the game dan belum cocok untuk diterapkan sebagai game online. Padahal, game online saat ini merupakan game yang sangat digemari di dunia. Oleh karena itu penelitian ini akan berfokus pada perancangan Game Design Document (GDD) yang memasukkan unsur game online di dalam gameplay dan juga mengembangkan bagian outside the game. Game ular tangga strategi sebelumnya akan dianalisa kekurangannya lalu diperbaiki agar game tersebut menjadi layak untuk disebut game online. GDD yang dihasilkan kemudian diuji dengan metode interview, observasi dan kuisioner terhadap playtester. Dari hasil pengujian didapatkan hasil bahwa game ini telah memenuhi dari sisi balance, experience dan strategi yang dibutuhkan untuk disebut sebagai game online. Game ini juga menarik minat dari playtester dengan hasil yang memenuhi beberapa target penelitian yang diharapkan. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | ONLINE GAMES | en_US |
dc.subject | GAME ONLINE | en_US |
dc.subject | SNAKES AND LADDERS | en_US |
dc.subject | ULAR TANGGA STRATEGI | en_US |
dc.subject | GAME DESIGN DOCUMENT | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN GAME DESIGN DOCUMENT (GDD) GAME ULAR TANGGA DENGAN GENRE STRATEGI VERSI ONLINE | en_US |
dc.type | Thesis SKR FT 579 | en_US |