PENGEMBANGAN GAME DESIGN DOCUMENT (GDD) GAME ULAR TANGGA DENGAN GENRE STRATEGI VERSI ONLINE
Abstract
Sebagai salah satu board game terkenal, permainan Ular Tangga pada awalnya merupakan permainan yang tidak mengandung unsur seperti strategi sehingga permainan ini terlalu bergantung pada faktor keberuntungan. Kelemahan tersebut juga akan menyebabkan berkurangnya tingkat daya tarik game ini di mata para player yang menginginkan game yang lebih ”menantang” dikarenakan jalannya game ini tidak terpengaruh oleh kemampuan player dalam memainkan game. Berdasarkan kekurangan yang ada, maka dibutuhkan suatu inovasi yang dapat membuat permainan ini menjadi lebih berunsur strategi. Dalam penelitian terdahulu sudah terdapat usaha untuk memodifikasi permainan ini menjadi lebih strategis dengan sistem jual beli kartu dan pemasangan ular atau tangga di board yang masih kosong. Namun penelitian tersebut masih terlalu fokus pada gameplay tanpa mempertimbangakan aspek outside the game dan belum cocok untuk diterapkan sebagai game online. Padahal, game online saat ini merupakan game yang sangat digemari di dunia. Oleh karena itu penelitian ini akan berfokus pada perancangan Game Design Document (GDD) yang memasukkan unsur game online di dalam gameplay dan juga mengembangkan bagian outside the game. Game ular tangga strategi sebelumnya akan dianalisa kekurangannya lalu diperbaiki agar game tersebut menjadi layak untuk disebut game online. GDD yang dihasilkan kemudian diuji dengan metode interview, observasi dan kuisioner terhadap playtester. Dari hasil pengujian didapatkan hasil bahwa game ini telah memenuhi dari sisi balance, experience dan strategi yang dibutuhkan untuk disebut sebagai game online. Game ini juga menarik minat dari playtester dengan hasil yang memenuhi beberapa target penelitian yang diharapkan.