PEMBELAJARAN TARIKH BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pelaksanaan pembelajaran Tarikh berbasis kearifan lokal., (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Tarikh berbasis kearifan lokal pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa saat proses pembelajaran Tarikh. Objek penelitian ini adalah kearifan lokal dalam metode pembelajaran Tarikh pada kelas IX di SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa gambar kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan hal – hal sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran Tarikh pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta., (2) faktor pendukung pelaksanaan Tarikh berbasis kearifan lokal pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah fasilitas pembelajaran yang memadahi dan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga sejarah dan budaya, faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Tarikh berbasis kearifan lokal pada kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah suasana kelas, banyaknya materi pelajaran, dan kurangnya motivasi belajar siswa.