PERBANDINGAN BLOCK DAN HEAD STANDART DENGAN BLOCK DAN HEAD YANG TELAH DIMODIFIKASI TERHADAP PERFORMANCE MOTOR 2 LANGKAH ( RX - KING 135 CC )
Abstract
Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi darat yang banyak digunakan di Indonesia karena selain harganya murah untuk dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah,dikarenakan penggunaannya yang cukup banyak maka terbentuklah sebuah komunitas. Salah satu motor bakar yang kebanyakan digunakan oleh komunitas saat ini adalah motor bakar dua-tak. Pada keperluan balap untuk memenuhi standar kelas yang dilombakan, sepeda motor harus memiliki spesifikasi yang telah ditentukan, maka dari itu penelitian ini memodifikasi sepeda motor dengan cara merubah block dan head satandart menjadi block dan head yang memiliki spesifikasi khusus untuk balap . Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari pengaruh modifikasi block dan head pada motor bakar dua langkah Yamaha RX-KING 135 cc terhadap nilai daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan waktu tempuh pada lintasan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan studi literatur, penggantian block dan head standar dengan block dan head yang telah dimodifikasi, kemudian melakukan pengujian menggunakan dynamo meter.Setelah pengujian daya dan torsi kemudian dilanjutkan dengan pengujian konsumsi bahan bakar dan pengujian waktu tempuh. Hasil data dari semua pengujian di input menjadi grafik dan diagram kemudian selanjutnya dilakukan analisa.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan block dan head yang telah dimodifikasi yaitu terjadi peningkatan pada nilai daya sebesar 45,45 % dan pada nilai torsi sebesar 34,11 %. Konsumsi bahan bakar meningkat sebesar 34,78 %, dan pengujian waktu tempuh terbaik, sepeda motor dapat menempuh jarak 201 m dengan waktu 9,65 detik.