Show simple item record

dc.contributor.authorAMMAR, MUHAMMAD
dc.date.accessioned2020-03-13T03:13:22Z
dc.date.available2020-03-13T03:13:22Z
dc.date.issued2020-01-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32504
dc.descriptionThis research aims at: (1) finding out the aqidah (faith) and akhlak (morals) of the students at SMP 1 Muhammadiyah Gamping, (2) finding out the learning achievement of the students at SMP 1 Muhammadiyah Gamping, (3) finding out whether there is effect of aqidah akhlak on the learning achievement of the students at SMP 1 Muhammadiyah Gamping. The method used in this research was quantitative approach, the type was descriptive quantitative with simple linear regression model. The population of this research was 156 students. The sampling technique resulted in 78 students as sample. The data analysis technique used was descriptive analysis, Anova test, simple linear regression test, and hypothesis test. The research result shows that: (1) there are 72 respondents (92%) categorized as high, 6 respondents (8%) categorized as medium, and 0 respondent (0%) categorized as low. (2) There are 55 respondents (71%) categorized as high, 23 respondents (29%) as medium, and 0 respondent (0%) categorized as low. (3) There is effect, as seen in R square 0.094. Therefore, there is effect of aqidah akhlak on the learning achievement of the students at SMP 1 Muhammadiyah Gamping which is as much as 90.6%. This result is derived from 100% minus 9.4%, which equals to 90.6%.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aqidah dan akhlak siswa di SMP 1 Muhammadiyah Gamping, (2) mengetahui prestasi belajar siswa di SMP 1 Muhammadiyah Gamping, (3) mengetahui adakah pengaruh aqidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa di SMP 1 Muhammadiyah Gamping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif desktiptif. Dengan model regresi linier sederhana. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 156 siswa-siswi. Teknik pengambilan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif, uji Anova, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat 72 responden (92%) yang berada dalam kelompok tinggi, 6 responden (8%) berada pada kategori kelompok sedang dan 0 responden (0%) berada pada kategori kelompok rendah. (2) terdapat 55 responden (71%) yang berada dalam kelompok tinggi, 23 responden (29%) berada pada kategori kelompok sedang dan 0 responden (0%) berada pada kategori kelompok rendah. (3) menunjukan adanya pengaruh terlihat pada R Square sebesar 0,094. Maka memiliki Aqidah Akhlaq terhadap Prestasi Belajar siswa SMP 1 Muhammadiyah Gamping sebesar 90,6% hasil tersebut diperoleh dengan 100%-9,4% yakni menjadi 90,6%en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectAQIDAH AKHLAKen_US
dc.subjectLEARNING ACHIEVEMENTen_US
dc.subjectPRESTASI BELAJARen_US
dc.titlePENGARUH AQIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP 1 MUHAMMADIYAH GAMPINGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record