PENGARUH AQIDAH AKHLAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP 1 MUHAMMADIYAH GAMPING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aqidah dan akhlak siswa di SMP 1 Muhammadiyah Gamping, (2) mengetahui prestasi belajar siswa di SMP 1 Muhammadiyah Gamping, (3) mengetahui adakah pengaruh aqidah akhlak terhadap prestasi belajar siswa di SMP 1 Muhammadiyah Gamping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif desktiptif. Dengan model regresi linier sederhana. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 156 siswa-siswi. Teknik pengambilan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif, uji Anova, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat 72 responden (92%) yang berada dalam kelompok tinggi, 6 responden (8%) berada pada kategori kelompok sedang dan 0 responden (0%) berada pada kategori kelompok rendah. (2) terdapat 55 responden (71%) yang berada dalam kelompok tinggi, 23 responden (29%) berada pada kategori kelompok sedang dan 0 responden (0%) berada pada kategori kelompok rendah. (3) menunjukan adanya pengaruh terlihat pada R Square sebesar 0,094. Maka memiliki Aqidah Akhlaq terhadap Prestasi Belajar siswa SMP 1 Muhammadiyah Gamping sebesar 90,6% hasil tersebut diperoleh dengan 100%-9,4% yakni menjadi 90,6%