Show simple item record

dc.contributor.authorDIANA, R RACHMY
dc.date.accessioned2020-04-27T14:49:18Z
dc.date.available2020-04-27T14:49:18Z
dc.date.issued2019-12-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32896
dc.descriptionKeterlibatan orang tua merupakan faktor penting bagi keberhasilan pendidikan karakter siswa di sekolah. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu (1) menguji model teoritis pengaruh pengasuhan positif dan kepribadian Agreeableness terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan karakter siswa melalui mediator religiositas. (2) menguji pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen secara langsung maupun tidak langsung (3) mendeskripsikan bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dan strategi sekolah untuk melibatkan mereka dalam pendidikan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-methods. Ada 210 responden orang tua siswa SD Muhammadiyah di Kota Yogyakarta Alat ukur yang digunakan adalah skala keterlibatan orang tua, skala pengasuhan positif, skala religiositas Islam, dan skala kepribadian agreeableness. Selain itu dilakukan wawancara dan focus group discussion (FGD) pada sejumlah orang tua dan kepala sekolah. Hasil analisis data dengan menggunakan SEM-AMOS versi 22.0 menunjukkan (1) model teoritis pengaruh pengasuhan positif dan kepribadian agreeableness terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan siswa melalui mediator religiositas bersifat fit/sesuai dengan data empiris (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh religiousity terhadap parental engagement,tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh positive parenting terhadap parental engagement, terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh positive parenting terhadap religiousity, tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh agreeableness terhadap parental engagement,terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh agreeableness terhadap religiousity, terdapat korelasi positif yang signifikan antara positive parenting dan agreeableness.(3) Bentuk-bentuk keterlibatan orang tua yang dilakukan diantaranya bergabung dalam komunitas orang tua di sekolah, mendukung program pendidikan karakter yang menjadi penugasan siswa di rumah dan di sekolah, menghadiri undangan Sekolah, berkomunikasi dan berkonsultasi dengan guru kelas, berpartisipasi dalam pendanaan kegiatan siswa di sekolah, dan menjadi narasumber untuk pengenalan macammacam profesi pada siswa. (4) strategi sekolah untuk melibatkan orang tua dalam pendidikan karakter antara lain : mensosialisasikan pentingnya pendidikan karakter, mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa secara rutin, serta bekerjasama dengan orang tua dalam pelaksanaan program pendidikan karakter di rumah.en_US
dc.description.abstractParental Engagement is an important factor in the success of students’ character education in schools. The objectives of the research are (1) testing the theoretical model of the effect of positive parenting and Agreeableness personality toward parental engagement in students’ character education through religiosity mediator, (2) testing the effect of exogenous variable toward endogenous variable directly and indirectly, (3) describing the types of parental engagement and school strategy to involve them in students’ character education. The research used mix-methods approach. The respondents were 210 parents of SD Muhammadiyah in Yogyakarta. The measuring tools used were parental engagement scale, positive parenting scale, Islamic religiosity scale, and agreeableness personality scale. An interview and a focus group discussion (FGD) were also conducted to parents and principals in order to collect data. The result of data analysis using SEMAMOS version 22.0 indicates that (1) the theoretical model of positive parenting and agreeableness personality toward parental engagement in students’ character education through religiosity mediator match or fit with the empirical data, (2) there is a significant positive effect of religiosity toward parental engagement, there is no significant positive effect by positive parenting toward parental engagement, there is significant positive effect by positive parenting toward religiosity, there is no significant positive effect by agreeableness toward parental engagement, there is significant positive effect by agreeableness toward religiosity, there is significant positive correlation between positive parenting and agreeableness, (3) the parental engagement are in the form of joining parents community in school, supporting character education program that is included in the task assigned to students at home and in school, attending school invitations, communicating and consulting with the class teachers, and becoming the source of introduction to different professions for students, and (4) the school strategies to engage parents in character education are: socializing the importance of character education, meeting the parents, cooperating with the parents in implementing character education program at home.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectparental engagementen_US
dc.subjectcharacter educationen_US
dc.subjectpositive parentingen_US
dc.subjectagreeablenessen_US
dc.subjectreligiosityen_US
dc.titlePENGARUH PENGASUHAN POSITIF DAN KEPRIBADIAN AGREEABLENESS TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI MEDIATOR RELIGIOSITASen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record