dc.contributor.author | DIANA, R RACHMY | |
dc.date.accessioned | 2020-04-27T14:49:18Z | |
dc.date.available | 2020-04-27T14:49:18Z | |
dc.date.issued | 2019-12-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32896 | |
dc.description | Keterlibatan orang tua merupakan faktor penting bagi keberhasilan
pendidikan karakter siswa di sekolah. Penelitian ini memiliki beberapa
tujuan, yaitu (1) menguji model teoritis pengaruh pengasuhan positif dan
kepribadian Agreeableness terhadap keterlibatan orang tua dalam
pendidikan karakter siswa melalui mediator religiositas. (2) menguji
pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen secara langsung
maupun tidak langsung (3) mendeskripsikan bentuk-bentuk keterlibatan
orang tua dan strategi sekolah untuk melibatkan mereka dalam pendidikan
karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-methods. Ada
210 responden orang tua siswa SD Muhammadiyah di Kota Yogyakarta
Alat ukur yang digunakan adalah skala keterlibatan orang tua, skala
pengasuhan positif, skala religiositas Islam, dan skala kepribadian
agreeableness. Selain itu dilakukan wawancara dan focus group discussion
(FGD) pada sejumlah orang tua dan kepala sekolah. Hasil analisis data
dengan menggunakan SEM-AMOS versi 22.0 menunjukkan (1) model
teoritis pengaruh pengasuhan positif dan kepribadian agreeableness
terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan siswa melalui mediator
religiositas bersifat fit/sesuai dengan data empiris (2) Terdapat pengaruh
positif yang signifikan oleh religiousity terhadap parental engagement,tidak
terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh positive parenting terhadap
parental engagement, terdapat pengaruh positif yang signifikan oleh
positive parenting terhadap religiousity, tidak terdapat pengaruh positif
yang signifikan oleh agreeableness terhadap parental engagement,terdapat
pengaruh positif yang signifikan oleh agreeableness terhadap religiousity,
terdapat korelasi positif yang signifikan antara positive parenting dan
agreeableness.(3) Bentuk-bentuk keterlibatan orang tua yang dilakukan
diantaranya bergabung dalam komunitas orang tua di sekolah, mendukung
program pendidikan karakter yang menjadi penugasan siswa di rumah dan
di sekolah, menghadiri undangan Sekolah, berkomunikasi dan
berkonsultasi dengan guru kelas, berpartisipasi dalam pendanaan kegiatan
siswa di sekolah, dan menjadi narasumber untuk pengenalan macammacam
profesi pada siswa. (4) strategi sekolah untuk melibatkan orang tua
dalam pendidikan karakter antara lain : mensosialisasikan pentingnya
pendidikan karakter, mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa secara
rutin, serta bekerjasama dengan orang tua dalam pelaksanaan program
pendidikan karakter di rumah. | en_US |
dc.description.abstract | Parental Engagement is an important factor in the success of students’
character education in schools. The objectives of the research are (1) testing
the theoretical model of the effect of positive parenting and Agreeableness
personality toward parental engagement in students’ character education
through religiosity mediator, (2) testing the effect of exogenous variable
toward endogenous variable directly and indirectly, (3) describing the types of
parental engagement and school strategy to involve them in students’
character education. The research used mix-methods approach. The
respondents were 210 parents of SD Muhammadiyah in Yogyakarta. The
measuring tools used were parental engagement scale, positive parenting
scale, Islamic religiosity scale, and agreeableness personality scale. An
interview and a focus group discussion (FGD) were also conducted to parents
and principals in order to collect data. The result of data analysis using SEMAMOS
version 22.0 indicates that (1) the theoretical model of positive
parenting and agreeableness personality toward parental engagement in
students’ character education through religiosity mediator match or fit with
the empirical data, (2) there is a significant positive effect of religiosity
toward parental engagement, there is no significant positive effect by positive
parenting toward parental engagement, there is significant positive effect by
positive parenting toward religiosity, there is no significant positive effect by
agreeableness toward parental engagement, there is significant positive effect
by agreeableness toward religiosity, there is significant positive correlation
between positive parenting and agreeableness, (3) the parental engagement
are in the form of joining parents community in school, supporting character
education program that is included in the task assigned to students at home
and in school, attending school invitations, communicating and consulting
with the class teachers, and becoming the source of introduction to different
professions for students, and (4) the school strategies to engage parents in
character education are: socializing the importance of character education,
meeting the parents, cooperating with the parents in implementing character
education program at home. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | PROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | parental engagement | en_US |
dc.subject | character education | en_US |
dc.subject | positive parenting | en_US |
dc.subject | agreeableness | en_US |
dc.subject | religiosity | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGASUHAN POSITIF DAN KEPRIBADIAN AGREEABLENESS TERHADAP KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI MEDIATOR RELIGIOSITAS | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |