dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter religius siswa di
MAN 1 Sleman, mengetahui strategi yang digunakan untuk mengembangkan
karakter religius siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam
mengembangkan karakter religius siswa di MAN 1 Sleman.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kemudian peneliti menggunakan teknik triangulasi sebagai bentuk uji kredibilitas
data. Data tersebut dianalisis dengan cara direduksi, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) karakter religius siswa MAN 1 Sleman
meliputi; karakter religius terhadap Tuhan, karakter religius terhadap diri sendiri,
karakter religius terhadap keluarga, karakter religius terhadap orang lain, karakter
religius terhadap masyarakat dan bangsa, serta karakter religius terhadap
lingkungan. (2) strategi yang digunakan untuk mengembangkan karakter religius
siswa di MAN 1 Sleman adalah dengan melalui pembiasaan, pembelajaran,
merasakan dan mencintai kebaikan, tindakan baik, keteladanan, dan hukuman. (3)
faktor pendukung dan penghambat meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor
pendukung terbagi dua, yang berasal dari faktor internal, seperti keadaan diri siswa,
kepercayaan diri, kemampuan siswa, dan kecerdasan siswa. Adapun faktor
eksternal seperti lengkapnya sarana dan prasarana, mudahnya akses jalan, dan lain
sebagainya. Faktor penghambat dalam sebuah strategi juga dibagi dua, yaitu
internal dan eksternal. Faktor internal seperti sifat malas siswa, sedikitnya motivasi,
dan kecerdasan yang terbatas. Sedangkan faktor eksternal misalnya ada beberapa
fasilitas sekolah yang belum memadai, sebagian ruangan kelas yang kecil, dan
minimnya pendingin ruangan. | en_US |