dc.contributor.author | PUTRA, M. AFRIZAL ZOHRI | |
dc.date.accessioned | 2020-06-03T03:45:04Z | |
dc.date.available | 2020-06-03T03:45:04Z | |
dc.date.issued | 2020-03-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/34656 | |
dc.description | Pembangunan jalan lintas bawah (Underpass) di Simpang Kentungan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan di ruas jalan Provinsi D.I. Yogyakarta serta diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan antrian yang sering terjadi. Oleh karena itu untuk mengetahui dampak lalu lintas yang ditimbulkan oleh pembanguan tersebut dan upaya penanganan permasalahan yang terjadi, maka perlu dilakukan studi Analisis Dampak Lalu Lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang empat bersinyal kentungan pada kondisi sebelum pembangunan, masa konstruksi dan setelah adanya pembangunan underpass. Pengumpulan data dilakukan melalui survei inventarisasi jalan, volume lalu lintas, kecepatan, geometrik simpang, panjang antrian serta waktu siklus tiap fase di simpang kentungan. Analisis kinerja lalu lintas mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil penelitian pada simpang empat kentungan pada saat konstruksi memiliki total volume lalu lintas sebesar 3585 smp/jam dengan nilai derajat kejenuhan 0,707, tundaan rata-rata simpang sebesar 40,92 dan termasuk tingkat pelayanan E; untuk tahap operasional, setelah adanya underpass hasil yang diperoleh adalah tingkat pelayanan simpang termasuk dalam kategori C. Solusi penanganan pada saat konstruksi adalah dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas pada Simpang Kentungan terutama untuk kendaraan berat dan alternatif pada saat operasional dengan menggunakan perubahan waktu siklus APILL dari arah utara dan selatan. | en_US |
dc.description.abstract | The construction of Underpass at Kentungan intersection is one of a solution to improve the road network performance on the D.I. Yogyakarta and reduce the frequent congestion and queue length . Therefore, to determine the magnitude of the impact of traffic caused by the development and efforts to deal with the problems that occur, a Traffic Impact Analysis study is needed. This study aims evaluated the performance of Kentungan intersection from the construction of the underpass, especially during construction. Data are collected through surveys of road invtentory, traffic volume, spot speed, intersection geometrics, queue length and cycle time of phase of Kentungan intersection. The analysis of traffic performance refers to Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. The results of the study showed that at the construction stage of Kentungan intersection had a total traffic volume is 3585 pcu / hour with a degree of saturation of 0.707, an average delay of the intersection is 40.92 and the level of service is E; for the operational stage of underpass the results obtained are the level of services included in category C. The solution for handling during construction is to divert traffic flow at the Kentungan intersection especially for heavy vehicles and alternatively during operation using the change in APILL cycle time from north and south. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | intersection capacity, signalized intersection, traffic performance | en_US |
dc.title | ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN) PEMBANGUNAN UNDERPASS KENTUNGAN | en_US |
dc.type | Thesis SKR FT 474 | en_US |