Show simple item record

dc.contributor.authorARYOGO SUTOYO, DIAN
dc.date.accessioned2020-09-30T03:53:51Z
dc.date.available2020-09-30T03:53:51Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35468
dc.descriptionProkrastinasi akademik membawa konsekuensi antara lain adalah menunda pemerolehan gelar akademik, disamping kerugian baik fisik ataupun psikologis. Aspek psikologis dari prokrastinasi adalah celah atau kesenjangan antara keinginan dan perilaku (intention-action gap). Para prokrastinator kerap membohongi diri dan identik dengan penyakit “malas” yang menjadi predator waktu, yang menurut pandangan Islam malas diartikan “Al-kasal” yang didefinisikan melalaikan hal-hal yang tidak sepantasnya dilupakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh dukungan sosial dan resiliensi terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa sebelum dan setelah dimediasi oleh karakter religius pada mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan uji analisis Structural Equation Model (SEM) pada prokrastinasi akademik mahasiswa yang dipengaruhi oleh dukungan sosial dan resiliensi yang dimediasi oleh karakter religius. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 10.271 mahasiswa dari 9 fakultas dengan jumlah sampel keseluruhan dari populasi penelitian adalah 797 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis terhadap model penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan two step approach, yaitu Analisis model pengukuran, dan Analisis model struktural untuk menganalisis hubungan antara semua variabel laten yang ada di dalam model penelitian. Kesimpulan yang diperoleh melalui penelitian ini adalah 1) dukungan sosial berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik. Hal tersebut menunjukan semakin tinggi dukungan sosial semakin tinggi pula prokrastinasi akademiknya, 2) resiliensi tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, 3) hasil temuan menjelaskan bahwa dukungan sosial berpengaruh signifikan secara tidak langsung dan mampu menurunkan tingkat prokrastinasi akademik setelah dimediasi karakter religius, 4) hasil temuan menjelaskan bahwa resiliensi berpengaruh signifikan secara tidak langsung dan mampu menurunkan prokrastinasi akademik setelah dimediasi karakter religius.en_US
dc.description.abstractAcademic procrastination has consequences that include removing courses, delaying the acquisition of academic degrees, in addition to physical or psychological harm. The psychological aspect of procrastination is the gap between desire and behavior (intention-action gap). Procrastinators often lie and are synonymous with "lazy" disease which is a time predator, which according to lazy Islam is defined as "Al-kasal" which is defined as neglecting things that should not be forgotten. This study aims to prove and analyze the influence of social support and resilience on student academic procrastination before and after being mediated by religious character on students at the Raden Fatah State Islamic University in Palembang. This study uses an analysis of Structural Equation Model (SEM) on student academic procrastination which is influenced by social support and resilience mediated by religious characters. The population in this study was 10,271 students from 9 faculties thus the total number of samples from the study population was 797 students using the Slovin formula. The analysis of this research model was carried out using a two step approach, namely the analysis of the measurement model, and the analysis of the structural model to analyze the relationship between all latent variables in the research model. The conclusions obtained through this study are 1) there is a positive influence of social support for academic procrastination. This shows that the higher the social support, the higher the academic procrastination, 2) there is no significant effect of resilience on academic procrastination, 3) there is a significant influence of social support on the level of academic procrastination after mediated by religious characters. The findings explained that the indirect influence of social support was able to reduce the level of academic procrastination after mediated religious character, 4) the findings explained that the indirect influence of academic resilience was able to reduce academic procrastination after mediated religious characteren_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWAen_US
dc.subjectPsikologisen_US
dc.subjectResiliensien_US
dc.subjectSocial Supporten_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titlePROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG (Analisis Psikologis Pengaruh Resiliensi, Social Support dan Karakter Religius)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record