Show simple item record

dc.contributor.authorNoviya Andriyani, Isnanita
dc.date.accessioned2020-09-30T04:18:32Z
dc.date.available2020-09-30T04:18:32Z
dc.date.issued2020-02-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35473
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh Islami, lingkungan sekolah, dan perilaku bermain gawai siswa SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh Islami dengan perilaku bermain gawai, hubungan lingkungan sekolah dengan perilaku bermain gawai, serta hubungan pola asuh Islami dan lingkungan sekolah dengan perilaku bermain gawai pada siswa SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan strategi sekuensial. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 152 siswa, 9 guru, 3 karyawan, dan 5 orang tua. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, interview, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan disertai keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda berupa analisis korelasi ganda dan analisis determinasi, disertai dengan pembuktian hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil kualitatif pada penelitian ini adalah; (1) pola asuh Islami berupa kedisiplinan serta komunikasi orangtua dan anak dengan pengembangan fitrah Islamiyah, (2) lingkungan sekolah berupa kelengkapan sarana prasarana, keharmonisan hubungan, komunikasi efektif, ketegasan tata tertib dan budaya sekolah dengan penyeimbangan lingkungan fisik, sosial, dan psikologis, (3) perilaku bermain gawai terlihat dari penggunaan gawai dalam pengembangan fisik motorik, kognitif, dan sosial emosi. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil kuantitatif pada penelitian ini adalah; (1) secara parsial ada hubungan yang signifikan antara pola asuh Islami dengan perilaku bermain gawai, berdasarkan nilai 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 31,794 > 1,976 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (2) secara parsial tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan perilaku bermain gawai, berdasarkan nilai 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar -1,502 < 1,976 dan nilai signifikansi 0,135 > 0,05, (3) secara simultan ada hubungan yang signifikan antara pola asuh Islami dan lingkungan sekolah dengan perilaku bermain gawai, berdasarkan nilai 𝐹โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 600,836 > 3,00 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.en_US
dc.description.abstractThis study aims to describe the Islamic parenting, school environment, and gadget playing behavior of students in Budi Mulia Dua Junior High School Yogyakarta. This study also aims to analyze the relationship between Islamic parenting with gadget playing behavior, relationship between school environment and gadget playing behavior, as well as relationship between Islamic parenting and school environment with gadget playing behavior of students in Budi Mulia Dua Junior High School Yogyakarta. The method used in this study is a mixed method with a sequential strategy. The subjects in this study consist of 152 students, 9 teachers, 3 employees, and 5 parents. Research data were collected by observation, interview, questionnaire, and documentation. Qualitative data analysis in this study includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions accompanied by the validity of the data with technical triangulation and source triangulation. Quantitative data analysis in this study is a multiple linear regression analysis in the form of multiple correlation analysis and determination analysis, accompanied by a proof of hypothesis through the F test and t test. Qualitative results in this study are; (1) Islamic parenting in the form of discipline, parent and child communication with development of Islamic nature, (2) School environment in the form of complete infrastructure, harmony of relationship, effective communication, firmness of school rules and culture with physical, social and psychological environmental balancing, (3) Gadget playing behavior are seen from using of gadget in the development of physical motor, cognitive, and social emotions. Based on hypothesis testing, quantitative results in this study are; (1) partially there is a significant relationship between Islamic parenting with gadget playing behavior, based on the 𝑡𝑠𝑐𝑜𝑟𝑒 value of 31.794>1.976 and a significance value of 0.000 <0.05, (2) partially there is no significant relationship between the school environment with gadget playing behavior, based on the 𝑡𝑠𝑐𝑜𝑟𝑒 value of -1.502 <1.976 and the significance value of 0.135> 0.05, (3) simultaneously there is a significant relationship between Islamic parenting and the school environment with the gadget playing behavior, based on the 𝐹𝑠𝑐𝑜𝑟𝑒 value of 600.836> 3.00 and a significance value of 0,000 <0.05.en_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPola Asuh Islamien_US
dc.subjectLingkungan Sekolahen_US
dc.subjectPerilaku Bermain Gawaien_US
dc.titleHUBUNGAN POLA ASUH ISLAMI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PERILAKU BERMAIN GAWAIen_US
dc.typeThesisen_US
๏ปฟ

Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record