Show simple item record

dc.contributor.authorULYA, MIFTAH
dc.date.accessioned2020-09-30T05:37:45Z
dc.date.available2020-09-30T05:37:45Z
dc.date.issued2018-11-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35482
dc.descriptionManusia adalah makhluk unik yang memiliki emosi. Emosi melatarbelakangi perbuatan dan kemauannya juga terjalin erat dengan segenap kepribadian yang memberikan warna pada suasana hati. Emosi merupakan suatu keadaan biologis dan psikologis serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak yang ada pada diri hampir di setiap tindakan manusia. Di dalam Al-Qur’a>n ungkapan “emosi manusia” terkait langsung dengan prilaku manusia, baik sebagai makhluk individual (fardiyah) maupun sosial (jama>’iyah), baik pada aspek informasi masa lampau, kini, maupun masa depan. Secara umum, digambarkan ekspresi emosi yang menyenangkan, menjadi dambaan manusia, serta ekspresi emosi tidak menyenangkan yang berdampak negatif bagi kelangsungan hidupnya. Dalam al-Qura>n terdapat banyak keterangan dan uraian tentang berbagai emosi yang dirasakan manusia, seperti emosi dasar. Adanya rasa takut, marah, senang dan bahagia, sedih, dan emosi lainnya. Al-Qura>n sebagai kitab mu’jizat, petunjuk, pembimbing keseimbangan potensi rasional dan emosional manusia. Pendidikan yang berfungsi mengarahkan jiwa manusia, sebagai makhluk yang bertanggungjawab pada dirinya ada fitrah, sekaligus mempunyai predisposisi positif dan negatif yang mempunyai keseimbangan antara kecendrungan biologis dan psikologis. Jalan untuk menyeimbangkannya adalah pendidikan, pendidikan tidak lepas dari pembahasan manusia. Adapun Jenis dan pendekatan penelitian ini bercorak library research, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada sember berkaitan dengan topik yang dibahas, baik dari sumber data primer maupun sekunder. Objek penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qura>n dengan pendekatan ilmu tafsir. Dalam hal ini peneliti memilih pendekatan tafsir maudhu’i atau tematik dengan tahapan menghimpun ayat-ayat tentang ix emosi dalam al-Qura>n, menafsirkan lalu dilakukan analisis content dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama; Emosi dasar yang digambarkan al-Qura>n adakalanya ekspresi emosi positif dan negatif. Ekspresi emosi positif merupakan emosi yang menyenangkan dan diinginkan oleh setiap orang. Sedangkan negatif sebaliknya. Kedua; Dunia pendidikan harus memperhatikan faktor psikis karena kegiatan belajar lebih banyak berhubungan dengan aktivitas jiwa. Ketiga; Mengatur emosi menjadi penting bagi perkembangan kepribadian, maka pendidik perlu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik lebih elegan. jika ini diabaikan maka dampak yang diberikannya adalah memberikan implikasi terhadap salah satu pihak.en_US
dc.description.abstractThe emotions lie behind the actions and the will of mankind. Emotions are also closely intertwined with all the personality that gives color to the mood. Emotion is a biological and psychological state and a series of tendencies for action that exist in every human being in almost every human action driven by the emotion. In the Qur’a>n the phrase "human emotions" is directly related to human behavior, both as individual beings (fardiyah) and social (jamaa'iyah), both in the information aspects of the past, present, and future. In general, in describing the pleasant expression of emotions, the human desires, and the expression of unpleasant emotions that have a negative impact on survival. In the Qur’a>n there are many descriptions and descriptions of the various emotions that humans feel, such as fear, anger, love, hatred, jealousy, envy and so on. The Qur’a>n as a book of miracles, guidance, counseling the balance of human rational and emotional potential. Education that serves to direct the human spirit, as a creature that is responsible for itself there is fitrah, as well as having positive and negative prediposition that has a balance between biological and psychological tendencies. The way to balance it is education. Education can not be separated from human discussion. The type and approach of this research patterned library research, ie research that focuses on the literature related to the topics covered, both from primary and secondary data sources. The object of this study is the verses of the Qur’a>n with the approach of science of exegesis. In this case the researcher chose the maudhu'i or thematic tafsir approach with the stages of collecting verses about emotions in the Qur’a>n, interpreting and then analyzing the content and drawn conclusions. The research concludes: First; The world of education should pay attention to psychological factors because learning activities more related to the activities of the soul. Second; Expression of emotion into xi two parts, namely the expression of positive and negative emotions. The expression of positive emotions is a pleasant and desired emotion for everyone. Third; Arranging emotions is important for the development of personality, so educators need to know the growth and development of learners more elegantly. if this is ignored then the impact it provides is to have a bad implication on the culpriten_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEmosien_US
dc.subjectPsikologi Pendidikanen_US
dc.titleEMOSI DASAR DALAM AL-QUR’A<N DAN PSIKOLOGI PENDIDIKANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record