Show simple item record

dc.contributor.authorSUNEDI, SUNEDI
dc.date.accessioned2020-09-30T06:05:17Z
dc.date.available2020-09-30T06:05:17Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35489
dc.descriptionPondok Pesantren Nurul Islam Seribandung menempatkan kitab kuning sebagai rujukan utama. Proses pembelajaran kitab kuning dapat dilihat dari dua aspek. Pertama, materi pembelajaran kitab kuning. Kedua, metode pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan atau marak (mendekat). Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran kitab kuning dan motivasi santri belajar kitab kuning di Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan beberapa pendekatan, yakni pendekatan sejarah sosial intelektual, content analysis (analisis isi), dan pendekatan fenomenologi sebagai pendekatan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan dua (2) jenis sumber data, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam analisis data model ini ada tiga komponen analisis, yaitu; reduksi (pengolahan) data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung sampai sekarang masih mengajarkan kitab-kitab kuning karya KH. Anwar, misalnya; 1). Kitab at-Taqrir; 2). I’rabul Kalimat; 3). Mafhum al-Ajurumiyyah; 4). Mafhum ash-Sharf; 5). ‘Aqidah al-Ghulam; 6). Aqaid al-Iman; 7). Sejarah Nabi Saw Jilid 1. dengan metode sorogan atau marak, juga menerapkan metode wetonan atau bandongan dan hafalan. Metode pembelajaran di Pondok Pesantren ini memiliki 4 (empat) rumpun model pembelajaran, yaitu: 1) model pemrosesan informasi; 2) model sosial, 3) model personal, dan 4) model sistem perilaku, dengan motivasi belajar santri dipengaruhi oleh faktor internal, di mana santri memang berkeinginan kuat untuk masuk ke pondok pesantren ini guna mempelajari ilmu-ilmu keislaman, khususnya kitab kuning, dan faktor eksternal, pembelajaran kitab kuning disusun dalam kurikulum pondok, melalui lingkungan yang kondusif di pondok pesantren dengan didampingi para ustadz/ustadzah dalam mempelajarinya. Pola inilah yang menjadi daya tarik dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Nurul Islam.en_US
dc.description.abstractNurul Islam Islamic Boarding School Seribandung places the kitab kuning as the main reference. The kitab kuning learning process can be seen from two aspects. First, kitab kuning learning material. Second, the kitab kuning learning method with the sorogan method or marak (approaching). The purpose of this study was to describe the kitab kuning learning model and the motivation of santri to learn kitab kuning at Islamic boarding schools. This study uses several approaches, namely the approach of intellectual social history, content analysis, and phenomenological approach as the main approach in this study. This study uses two types of data sources, namely primary data sources and secondary data sources. In the data analysis of this model there are three components of analysis, namely; data reduction, data presentation, and conclusion drawing The findings in this study are the Islamic Nurul Islamic Islamic Boarding School which still teaches kitab kuning by KH. Anwar, for example; 1). Kitab at-Taqrir; 2). I’rabul Kalimat; 3). Mafhum al- Ajurumiyyah; 4). Mafhum ash-Sharf; 5). ‘Aqidah al-Ghulam; 6). ‘Aqaid al-Iman; 7). History of the Prophet Saw Volume 1. with the method of sorogan or marak, also applying the method of wetonan or bandongan and memorization. The learning method in Islamic Boarding Schools has 4 (four) clusters of learning models, namely: 1) information processing model; 2) social models, (3) personal models, and (4) behavioral system models, with student learning motivation influenced by internal factors, where students are indeed keen to enter this boarding school to study Islamic sciences, especially kitab kuning, and external factors, kitab kuning learning is arranged in the cottage curriculum, through a conducive environment in Islamic boarding schools accompanied by ustadz/ustadzah in learning it. This pattern is the main attraction in yellow book learning in Nurul Islam Islamic boarding school.en_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKitab Kuningen_US
dc.subjectTradisi Pesantrenen_US
dc.subjectFenomenologien_US
dc.titleKITAB KUNING DALAM TRADISI PESANTREN (Studi Fenomenologi di Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung Tanjung Batu Ogan Ilir Sumatera Selatan)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record