Show simple item record

dc.contributor.authorSAEFUDIN, ALBERT
dc.date.accessioned2020-10-10T01:55:16Z
dc.date.available2020-10-10T01:55:16Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35502
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai pembentukan karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah Imogiri. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Guru Pendidikan Agama Islam paham dalam membentuk karakter religius siswa yaitu paham dengan misi dan metode pendidikan karakter (2) Peran yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri yaitu dengan keteladanan dengan mencontohkan segala bentuk pribadi yang baik bagi siswa-siswinya, kemudian dengan menjadi pendidik yang bukan hanya mengajarkan bahan ajar menurut buku tetapi juga dengan menerapkan contoh atau bentuk prakteknya agar siswa tidak hanya sekedar sebatas mengetahui bagi, dan yang terakhir adalah dengan bimbingan. Dengan membimbing siswa mulai dari nasehat, perhatian ke siswa.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai pembentukan karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah Imogiri. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Guru Pendidikan Agama Islam paham dalam membentuk karakter religius siswa yaitu paham dengan misi dan metode pendidikan karakter (2) Peran yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri yaitu dengan keteladanan dengan mencontohkan segala bentuk pribadi yang baik bagi siswa-siswinya, kemudian dengan menjadi pendidik yang bukan hanya mengajarkan bahan ajar menurut buku tetapi juga dengan menerapkan contoh atau bentuk prakteknya agar siswa tidak hanya sekedar sebatas mengetahui bagi, dan yang terakhir adalah dengan bimbingan. Dengan membimbing siswa mulai dari nasehat, perhatian ke siswa.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPENDIDIKAN AGAMA ISLAMen_US
dc.subjectKARAKTER RELIGIUSen_US
dc.titlePERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record