dc.contributor.author | SAEFUDIN, ALBERT | |
dc.date.accessioned | 2020-10-10T01:55:16Z | |
dc.date.available | 2020-10-10T01:55:16Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35502 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai pembentukan karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah Imogiri. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Guru Pendidikan Agama Islam paham dalam membentuk karakter religius siswa yaitu paham dengan misi dan metode pendidikan karakter (2) Peran yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri yaitu dengan keteladanan dengan mencontohkan segala bentuk pribadi yang baik bagi siswa-siswinya, kemudian dengan menjadi pendidik yang bukan hanya mengajarkan bahan ajar menurut buku tetapi juga dengan menerapkan contoh atau bentuk prakteknya agar siswa tidak hanya sekedar sebatas mengetahui bagi, dan yang terakhir adalah dengan bimbingan. Dengan membimbing siswa mulai dari nasehat, perhatian ke siswa. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai pembentukan karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah Imogiri. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Guru Pendidikan Agama Islam paham dalam membentuk karakter religius siswa yaitu paham dengan misi dan metode pendidikan karakter (2) Peran yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri yaitu dengan keteladanan dengan mencontohkan segala bentuk pribadi yang baik bagi siswa-siswinya, kemudian dengan menjadi pendidik yang bukan hanya mengajarkan bahan ajar menurut buku tetapi juga dengan menerapkan contoh atau bentuk prakteknya agar siswa tidak hanya sekedar sebatas mengetahui bagi, dan yang terakhir adalah dengan bimbingan. Dengan membimbing siswa mulai dari nasehat, perhatian ke siswa. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | en_US |
dc.subject | KARAKTER RELIGIUS | en_US |
dc.title | PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |