View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (149.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.052Mb)
      PENGESAHAN (192.7Kb)
      BAB I (177.5Kb)
      BAB II (307.2Kb)
      BAB III (161.6Kb)
      BAB IV (463.7Kb)
      BAB V (143.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (216.3Kb)
      Date
      2019
      Author
      SAEFUDIN, ALBERT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pemahaman guru pendidikan agama Islam mengenai pembentukan karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius di SMP Muhammadiyah Imogiri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Muhammadiyah Imogiri. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyejian data, penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Guru Pendidikan Agama Islam paham dalam membentuk karakter religius siswa yaitu paham dengan misi dan metode pendidikan karakter (2) Peran yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri yaitu dengan keteladanan dengan mencontohkan segala bentuk pribadi yang baik bagi siswa-siswinya, kemudian dengan menjadi pendidik yang bukan hanya mengajarkan bahan ajar menurut buku tetapi juga dengan menerapkan contoh atau bentuk prakteknya agar siswa tidak hanya sekedar sebatas mengetahui bagi, dan yang terakhir adalah dengan bimbingan. Dengan membimbing siswa mulai dari nasehat, perhatian ke siswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35502
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV