ANALISIS STRATEGI PROMOSI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA NTB DALAM MEMPROMOSIKAN LOMBOK SEBAGAI DESTINASI WISATA HALAL DUNIA
Abstract
Pulau Lombok merupakan salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi pariwisata unggulan yang beragam, seperti wisata pantai, kebudayaan, pegunungan, kesenian tradisional, sejara serja kuliner. Pariwisata halal merupakan salah satu jenis pariwisata yang sedang dikembangkan di Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok. Dengan potensi wisata kelas dunia digabung dengan konsep wisata halal yang unik menjadikan Lombok sebagai salah satu destinasi wisata halal kelas dunia. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB memanfaatkan keunggulan tersebut untuk mengembangkan dan mempromosikan Lombok sebagai destinasi wisata halal dunia. Skripsi ini mengambil judul “Analisis Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Dalam Mempromosikan Lombok Sebagai Destinasi Wisata Halal Dunia”. Dengan obyek penelitian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, dikarenakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB memiliki peran penting dalam pengembangan dan promosi wisata halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan dianalisa secara kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan informan, serta dokumendokumen yang relevan dengan promosi pariwisata halal di Lombok. Dari hasil penelitian ini menunjukkan usaha yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB dalam mempromosikan pariwisata halal di Lombok dengan menggunakan analisis SWOT. Dalam proses promosinya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB menggunakan strategi konsolidasi dimana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB bekerjasama dengan swasta untuk mengelola dan mempromosikan wisata halal di NTB. Dalam proses promosi wisata halal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB memiliki tiga poin penting yang harus diperhatikan yaitu, melakukan pendampingan kepada masyarakat, optimalisasi media sosial, serta pembukaan rute penerbangan langsung ke negara-negara Timur Tengah. Kata Kunci :” Analisis Strategi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Dalam Mempromosikan Lombok Sebagai Destinasi Wisata Halal Dunia”