dc.contributor.advisor | WIYAGI, RAMA OKTA | |
dc.contributor.advisor | PURWANTO, KUNNU | |
dc.contributor.author | NUGRAHA, RAKHA ARDI | |
dc.date.accessioned | 2020-10-17T06:44:53Z | |
dc.date.available | 2020-10-17T06:44:53Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35681 | |
dc.description | Mobil listrik menggunakan penggerak berupa motor listrik, dimana penggerak tersebut tidak menghasilkan gas buang, tidak menghasilkan bunyi yang bising, serta ramah lingkungan. Hal tersebut yang mendasari para peneliti untuk terus melakukan riset dan pengembangan baik dari segi efisiensi maupun performa. Salah satu komponen penting dalam mobil listrik yaitu controller atau pengendali motor listrik. Tujuan dari controller tersebut untuk mengendalikan atau mengatur kecepatan motor listrik / motor DC, masukan pada controller berupa resistor variable yang berbentuk throttle. Controller motor DC sudah dipasarkan di Indonesia namun, controller tersebut bersifat permanen artinya tidak bisa dilakukan program ulang sehingga pengendalian kecepatan motor DC tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pada mobil listrik. Penelitian ini merupakan perancangan pengendali motor DC / DC motor controller dengan fungsi dapat reprogramming atau dapat diprogram ulang. Sehingga kurva kecepatan motor DC terhadap persentase putaran throttle dapat diatur sesuai kebutuhan mobil listrik. Hasil dari penelitian ini yaitu DC Motor Controller dengan daya 1000 Watt 48 Volt, pengaturan kecepatan motor DC dilakukan dengan mengubah nilai Pulse Width Modulation (PWM) melalui throttle. Dari hasil pengujian pada mobil listrik Lingsar Proto EV dengan beban total 124,5 Kg, motor DC mengkonsumsi arus maksimal 79,14 A dan dengan kecepatan maksimal 3661 Rpm serta daya sebesar 3.798,72 Watt. | en_US |
dc.description.abstract | Mobil listrik menggunakan penggerak berupa motor listrik, dimana penggerak tersebut tidak menghasilkan gas buang, tidak menghasilkan bunyi yang bising, serta ramah lingkungan. Hal tersebut yang mendasari para peneliti untuk terus melakukan riset dan pengembangan baik dari segi efisiensi maupun performa. Salah satu komponen penting dalam mobil listrik yaitu controller atau pengendali motor listrik. Tujuan dari controller tersebut untuk mengendalikan atau mengatur kecepatan motor listrik / motor DC, masukan pada controller berupa resistor variable yang berbentuk throttle. Controller motor DC sudah dipasarkan di Indonesia namun, controller tersebut bersifat permanen artinya tidak bisa dilakukan program ulang sehingga pengendalian kecepatan motor DC tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pada mobil listrik. Penelitian ini merupakan perancangan pengendali motor DC / DC motor controller dengan fungsi dapat reprogramming atau dapat diprogram ulang. Sehingga kurva kecepatan motor DC terhadap persentase putaran throttle dapat diatur sesuai kebutuhan mobil listrik. Hasil dari penelitian ini yaitu DC Motor Controller dengan daya 1000 Watt 48 Volt, pengaturan kecepatan motor DC dilakukan dengan mengubah nilai Pulse Width Modulation (PWM) melalui throttle. Dari hasil pengujian pada mobil listrik Lingsar Proto EV dengan beban total 124,5 Kg, motor DC mengkonsumsi arus maksimal 79,14 A dan dengan kecepatan maksimal 3661 Rpm serta daya sebesar 3.798,72 Watt. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | MOBIL LISTRIK | en_US |
dc.subject | DC MOTOR CONTROLLER | en_US |
dc.subject | PULSE WIDTH MODULATION | en_US |
dc.title | PERANCANGAN PENGENDALI MOTOR BRUSHED DIRECT CURRENT 1000 WATT PADA ELECTRIC VEHICLE | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |