Show simple item record

dc.contributor.authorKUSUMA, MUHAMMAD DEDE PUJA
dc.date.accessioned2020-10-23T02:23:07Z
dc.date.available2020-10-23T02:23:07Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35762
dc.descriptionAplikasi “Jogja Istimewa” adalah sebuah platform layanan publik yang dihadirkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai panduan destinasi dan informasi terintegrasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku pengguna Aplikasi “Jogja Istimewa” melalui model UMEGA. Penelitian ini berisi kajian perilaku pengguna terhadap penerapan teknologi informasi sehingga menggunakan model kerangka pemikiran yang mengadopsi model Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA). Secara khusus, penelitian ini menganalisis seberapa jauh Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi-Kondisi Fasilitas, Resiko yang Dirasakan, Sikap mempengaruhi Niat Perilaku pengguna (e-Government) dalam menggunakan Aplikasi “Jogja Istimewa”. Metode penelitian yang Peneliti gunakan adalah Mixed Methods Research. Data primer diperoleh melalui survei hasil kuesioner. Kuesioner diberikan kepada pengguna Aplikasi “Jogja Istimewa” berjumlah 92 orang. Analisis data menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu berupa program SmartPLS 3.0. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan kepada pengguna Aplikasi “Jogja Istimewa” dan Pegawai Dinas Kominfo DIY khususnya di bidang aplikasi. Hasil penelitian yaitu; 1) Ekspektansi Kinerja memiliki pengaruh terhadap Sikap, 2) Ekspektansi Usaha memiliki pengaruh terhadap Sikap, 3) Pengaruh Sosial memiliki pengaruh terhadap Sikap, 4) Kondisi-Kondisi Fasilitas memiliki pengaruh terhadap Ekspektansi Usaha, 5) Sikap memiliki pengaruh terhadap Niat Perilaku. 6) Kondisi-Kondisi Fasilitas tidak memiliki pengaruh terhadap Niat Perilaku, 7) Resiko yang Dirasakan tidak memiliki pengaruh terhadap Sikap.en_US
dc.description.abstractApplication of "Jogja Istimewa" is a public service application platform presented by the Communications and Information Agency of Yogyakarta Special Region as the destination guide and integrated information. This study aims to analyze the factors that influence user behavior Applications "Jogja Istimewa" through UMEGA’s model. This research study use UMEGA’s model (Unified Model of Electronic Government Adoption). Specifically, this study analyzes the extent of performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, perceived risk, attitude affecting the Intention of User Behavior (e-Government) in using Application "Jogja Istimewa". The method is quantitative method. Primary data were obtained through survey questionnaire results with samples are 92 people. Analyzed using Partial Least Square (PLS) SmartPLS 3.0. The results are; 1) Performance Expectancy has an influence on Attitude, 2) Effort expectancy has an influence on Attitude, 3) Social Influence has an influence on Attitude, 4) Facilitating Conditions has an influence on Effort Expectancy. 5) The Attitude has an influence on Behavioral Intention. 6) Facilitating Conditions has no influence on Behavioral Intention, 7) Perceived Risk has no influence on Attitude.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER ILMU PEMERINTAHAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectUMEGAen_US
dc.subjectApplication "Jogja Istimewa"en_US
dc.subjectElectronic Governmenten_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PERILAKU PENGGUNA APLIKASI “JOGJA ISTIMEWA” MELALUI MODEL UMEGAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record