Show simple item record

dc.contributor.authorOKTAVIA, LELI REZKY DWI
dc.date.accessioned2020-10-23T06:47:41Z
dc.date.available2020-10-23T06:47:41Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35774
dc.descriptionLatar belakang: Triase merupakan proses pengambilan keputusan untuk menentukan prioritas pasien berdasarkan tingkat keparahan dan kebutuhan perawatan segera. Kecepatan dan ketepatan penilaian triase dalam situasi gawat darurat menjadi tantangan dan tanggung jawab perawat di unit gawat darurat. Metode role play ditekankan untuk digunakan dalam pembelajaran di akademik untuk mempersiapkan pembelajaran klinis, termasuk pembelajaran triase Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role play pendidikan triase terhadap pengetahuan dan keterampilan klinis mahasiswa Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan semester VIII yang sedang melakukan pembekalan praktik (Pra Ners) keperawatan gawat darurat di Stikes Wira Husada Yogyakarta sebesar 60 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil: Skor rata-rata pengetahuan mahasiswa pre test adalah 51,5 sedangkan skor rata-rata post test adalah 76,5.Dan skor rata-rata keterampilan klinis 52,86 sedangkan skor rata-rata post test adalah 78,13. Kesimpulan: Metode pembelajaran role play pada pendidikan triase dapat mempengaruhi terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan klinis pada mahasiswa keperawatanen_US
dc.description.abstractBackground: Triage is a decision making process to determine patient priorities based on the severity and need for immediate treatment. The speed and accuracy of triage assessment in emergency situations is the challenge and responsibility of nurses in the emergency department. The role play method is emphasized for use in academic learning to prepare for clinical learning, including triage learning Aim: To determine the effect of triage education role play learning methods on students' clinical knowledge and skills Method: This study uses a quasy experiment design with a nonequivalent control group design. The population in this study was the nursing students of semester VIII who were doing emergency nursing practice (Pre Ners) nursing in Stikes Wira Husada Yogyakarta by 60 students with sampling techniques using total sampling. Results: The average score of pre-test student knowledge was 51.5 while the post-test average score was 76.5. And the average score of clinical skills was 52.86 while the average score of the post-test was 78.13. Conclusion: The role play learning method in triage education can influence an increase in clinical knowledge and skills in nursing studentsen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPROGRAM MAGISTER KEPERAWATAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectRole playen_US
dc.subjectKnowledgeen_US
dc.subjectClinical Skillen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY PENDIDIKAN TRIASE TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KLINIS PADA MAHASISWA KEPERAWATANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record