View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      UNJUK KERJA MESIN DIESEL BERBAHAN BAKAR CAMPURAN BIODIESEL JARAK, BIODIESEL MINYAK GORENG BEKAS DENGAN KOMPOSISI 3:2

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (196.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (630.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (255.6Kb)
      ABSTRAK (375.8Kb)
      BAB I (362.6Kb)
      BAB II (567.2Kb)
      BAB III (897.9Kb)
      BAB IV (619.7Kb)
      BAB V (286.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (299.4Kb)
      LAMPIRAN (1.019Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (353.4Kb)
      Date
      2020
      Author
      MARCELLINO, RAY NOVEL DAVID
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Konsumsi bahan bakar terus meningkat seiring dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat disemua sektor. Bahan bakar dari energi fosil khususnya minyak solar apabila digunakan secara menerus akan mengakibatkan kelangkaan. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk pengganti bahan bakar minyak alternatif, salah satunya adalah biodiesel yang bahan bakunya terbuat dari minyak nabati berupa minyak jarak dan minyak goreng bekas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan karakteristik dari bahan bakar biodiesel minyak jarak – minyak goreng bekas mengetahui pengaruh terhadap daya, konsumsi bahan bakar spesifik, dan proses injeksi yang dihasilkan bahan bakar. Penelitian ini menggunakan mesin diesel dengan menyalakan 5 beban lampu dengan daya masing-masing lampu sebesar 500 Watt. Biodiesel divariasikan dengan minyak solar murni menjadi bahan bakar B5, B10, B15, dan B20. Pembuatan biodiesel dilakukan dalam waktu 60 menit dengan temperatur 70˚C. Kemudian dilakukan pengujian sifat fisik bahan bakar solar murni dan biodiesel, serta uji kinerja pada mesin diesel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya yang dimiliki biodiesel B5 pada pembebanan maksimum lebih baik dari pada biodiesel lainnya yaitu 1,52 kW dan biodiesel B20 memiliki daya yang paling rendah dari semua variasi bahan bakar yaitu 1,41 kW. Konsumsi bahan bakar atau Spesific fuel consumption (SFC) yang terdapat pada campuran biodiesel B20 lebih tinggi dari pada solar yaitu 0,59 kg/kW.jam pada beban maksimum 2500 Watt. Pada pengujian karakteristik semprotan bahan bakar campuran biodiesel B20 memiliki semprotan yang paling panjang dan sudut yang paling kecil dari semua variasi biodiesel.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35782
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV