dc.contributor.author | KHOLILI, AHMAD NURDIN | |
dc.date.accessioned | 2020-10-27T07:03:05Z | |
dc.date.available | 2020-10-27T07:03:05Z | |
dc.date.issued | 2020-06-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35810 | |
dc.description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi manajemen
strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di SMP Al-
Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin Kabupaten Gunungkidul.
Menemukan formulasi altematif manajemen strategik lembaga pendidikan
Muhammadiyah dalam meningkatkan mutu sekolah di Kabupaten Gunungkidul.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah studi kasus yang bersifat
kualitatif, yang datanya diperoleh langsung dari lapangan, baik berupa hasil
observasi, interview dan dokumentasi terhadap dua lembaga pendidikan
Muhammadiyah yaitu SMP Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin.
Teknik analisa data menggunakan Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi
data, peny ajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen strategik
yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin dan SMP
Muhammadiyah Semin adalah dengan melibatkan semua stakeholder, sekolah
terlebih dahulu merumuskan visi misi sekolah dengan mempertimbangkan faktor
internal dan ekstemal lingkungan sekolah, dilanjutkan menrmuskan tujuan dan
target mutu sekolah diikuti dengan penentuan strategi yang akan digunakan oleh
sekolah demi terealisasinya semua target mutu yang disepakati. Adapun
implementasi strategi yang dilakukan SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin dan
SMP Muhammadiyah Semin dalam meningkatkan mutu sekolah adalah dengan
menjabarkan dan melaksanakan semua strategi yang telah dirumuskan dalam
bentuk kegiatan-kegiatan terprogram dan terukur. Teknis pelaksanaannya
diserahkan kepada masing-masing koordinator kegiatan dengan tetap koordinasi
dengan kepala sekolah. Adapun evaluasi strategi yarrg digunakan SMP
Muhammadiyah Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin adalah melalui
rapat formal maupun informal. Rapat formal biasa dilakukan secara rutin baik
dengan wakil kepala urusan atau bidang tertentu bahkan dengan semua unsur
sekolah. Adapun rapat informal biasa dilakukan ketika wakru istirahat atau ketika
berkumpul dan ada yang disampaikan, atau bahkan dengan komunikasi intensif
dan pengontrolan rutin kepada koordinator kegiatan. | en_US |
dc.description.abstract | The objective of this research is to study the implementation of the
strategic management of the quality improvement of Muhammadiyah educational
institutions in SMP Al-Mujahidin and SMP Muhammadiyah Semin Gunungkidul
Regency and to find out the formulation of alternative strategic management of
Muhammadiyah educational institutions in improving school quality in
Gunungkidul Regency.
The research type was qualitative case study. The data were directly
collected from the field from the observation results, interview, and
documentation on two Muhammadiyah educational institutions namely SMP Al-
Mujahidin and SMP Muhammadiyah Semin. The data analysis technique used
Miles and Huberman with the stages of data reduction, data presentation, and
conclusion drawing.
The research results show that the implementation of the strategic
management conducted by SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin and SMP
Muhammadiyah Semin is by involving all stakeholders. The schools formulate the
school's vision and mission first by considering both internal and external factors
of the school environment. It is continued by formulating the goals and the target
of school qualrty followed by determining strategies that will be taken by the
school for realizing all targets of the agreed quality. The implementation of the
strategy taken by SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin and SMP Muhammadiyah
Semin in improving the school quality is by describing and implementing all
strategies formulated in the form of programmed and measurable activities. The
implementation technique is given to each activity coordinator having continuous
coordination with the headmaster. Meanwhile, the strategy evaluation applied by
SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin and SMP Muhammadiyah Semin is through
both formal and informal meetings. Formal meeting is held regularly with vice
headmaster, particular division, or even with all school members. Then, informal
meeting is usually held during break time or gathering time to discuss necessary
issues. As an addition, intensive communication and regular control by activity
coordinator are also taken. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Strategic Management | en_US |
dc.subject | Institution Quality | en_US |
dc.subject | Muhammadiyah | en_US |
dc.title | MANAJEMEN STRATEGIK PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN GI.IIIUNGKIDUL (Studi Kasus di SMP Al-Mujahidin dan SMP Muhammadiyah Semin) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |