dc.contributor.author | Amry, Syaiful | |
dc.date.accessioned | 2020-10-27T07:28:50Z | |
dc.date.available | 2020-10-27T07:28:50Z | |
dc.date.issued | 2020-06-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35815 | |
dc.description | Penelitian ini berjudul proses belajar efektif dalam membentuk
kecerdasan intelektual dan motivasi belajar pada mahasiswa di Mahad Ali bin Abi
Thalib Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana
proses belajar efektif mahasiswa, mengetahui kecerdasan intelektual mahasiswa,
memahami motivasi belajar mahasiswa, serta adakah pengaruhnya antara proses
belajar efektif dengan kecerdasan intelektual dan motivasi belajar pada mahasiswa
di Mahad Ali bin Abi Thalib Yogyakarta.
Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif (deskriptif). Adapun subjek penelitian adalah enam (6)
mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi, penyajian, penarikan,
kredibilitas data.
Hasil dari pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses belajar
efektif mahasiswa adalah dalam kegiatan pembelajarannya bahwa aspek presensi
dan mengerjakan tugas dinilai baik, di lihat dari berdiskusi dan menanyakan
kepada teman untuk mengulang materi maupun belajar bersama. Wadah dan
organisasi belajar menggunakan kurikulum Silsilah Lughotul Arabiyyah. Serta
para guru sudah memberikan motivasi belajar dan membantu dalam pemahaman
materi. Kemudian faktor pendukung datang dari diri sendiri karena minat dalam
belajar bahasa Arab. 2) kecerdasan intelektual mahasiswa diperoleh dengan
mengulang kembali materi pelajaran, mendengarkan penjelasan guru, dan
bertanya kepada teman dan guru. 3) motivasi belajar mahasiswa adalah adanya
dorongan dalam diri mempelajari bahasa Arab dan studi Islam, bisa berbahasa
Arab aktif maupun pasif, serta karena bahasa Arab adalah ilmu untuk mempelajari
al-qur’an. 4) selanjutnya pengaruh proses belajar efektif dilihat dari pada
mahasiswa sendiri, apakah dia lulusan dari pondok ataukah sudah pernah
mempelajari bahasa arab sebelumnya. Karena kendala yang sering didapat oleh
mahasiswa adalah penguasaan bahasa Arab secara mendasar. | en_US |
dc.description.abstract | This study entitled the effective learning process in shaping intellectual
intelligence and learning motivation in students at Ma’had Ali Bin Abi Thalib
Yogyakarta. The purpose of this study is to explain how the student’s effective
learning process, knowing students’ intellectual intelligence and understanding
students’ motivation. In addition, the purpose is to investigate whether there is any
influence between the effective learning process with intellectual intelligence and
learning motivation on students at Ma’had Ali bin Abi Thalib Yogyakarta.
The type and approach of this research is field research with a qualitative
(descriptive) approach. The research subjects were six (6) students. Data
collection was done by the methods of interview, observation, and documentation.
Data analysis techniques were done using reduction, presentation, withdrawal, and
data credibility.
The results of this study indicate that: 1) the effective learning process of
students is that, in their learning activities, the aspect of attendance and work on
assignments is categorized to be good. It is seen from the discussions, asking
friends to repeat the material, and studying together. The place and learning
organizations use The Genealogy of Lughah al-Arabiyah curriculum. The teachers
also have motivated to learn and assist in understanding the material. Then the
supporting factor comes from themselves because of their interest in learning
Arabic. 2) Students’ intellectual intelligence is obtained by repeating the subject
matter, listening to the teacher’s explanation, and asking friends and teachers. 3)
Students’ learning motivation is the encouragement in learning Arabic and Islamic
studies, the ability to speak active or passive Arabic, and the fact that Arabic is the
science of learning the Qur’an. 4) Then the effect of the effective learning process
can be seen from the students themselves, whether they were graduated from the
Islamic boarding house or have studied Arabic before. It is because the obstacle
that is often in students is the basic mastery of Arabic. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | effective learning process | en_US |
dc.subject | intellectual intelligence | en_US |
dc.subject | learning motivation | en_US |
dc.title | PROSES BELAJAR EFEKTIF DALAM MEMBENTUK KECERDASAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA MAHAD ALI BIN ABI THALIB YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |