Show simple item record

dc.contributor.authorAmry, Syaiful
dc.date.accessioned2020-10-27T07:28:50Z
dc.date.available2020-10-27T07:28:50Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35815
dc.descriptionPenelitian ini berjudul proses belajar efektif dalam membentuk kecerdasan intelektual dan motivasi belajar pada mahasiswa di Mahad Ali bin Abi Thalib Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana proses belajar efektif mahasiswa, mengetahui kecerdasan intelektual mahasiswa, memahami motivasi belajar mahasiswa, serta adakah pengaruhnya antara proses belajar efektif dengan kecerdasan intelektual dan motivasi belajar pada mahasiswa di Mahad Ali bin Abi Thalib Yogyakarta. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif (deskriptif). Adapun subjek penelitian adalah enam (6) mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi, penyajian, penarikan, kredibilitas data. Hasil dari pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses belajar efektif mahasiswa adalah dalam kegiatan pembelajarannya bahwa aspek presensi dan mengerjakan tugas dinilai baik, di lihat dari berdiskusi dan menanyakan kepada teman untuk mengulang materi maupun belajar bersama. Wadah dan organisasi belajar menggunakan kurikulum Silsilah Lughotul Arabiyyah. Serta para guru sudah memberikan motivasi belajar dan membantu dalam pemahaman materi. Kemudian faktor pendukung datang dari diri sendiri karena minat dalam belajar bahasa Arab. 2) kecerdasan intelektual mahasiswa diperoleh dengan mengulang kembali materi pelajaran, mendengarkan penjelasan guru, dan bertanya kepada teman dan guru. 3) motivasi belajar mahasiswa adalah adanya dorongan dalam diri mempelajari bahasa Arab dan studi Islam, bisa berbahasa Arab aktif maupun pasif, serta karena bahasa Arab adalah ilmu untuk mempelajari al-qur’an. 4) selanjutnya pengaruh proses belajar efektif dilihat dari pada mahasiswa sendiri, apakah dia lulusan dari pondok ataukah sudah pernah mempelajari bahasa arab sebelumnya. Karena kendala yang sering didapat oleh mahasiswa adalah penguasaan bahasa Arab secara mendasar.en_US
dc.description.abstractThis study entitled the effective learning process in shaping intellectual intelligence and learning motivation in students at Ma’had Ali Bin Abi Thalib Yogyakarta. The purpose of this study is to explain how the student’s effective learning process, knowing students’ intellectual intelligence and understanding students’ motivation. In addition, the purpose is to investigate whether there is any influence between the effective learning process with intellectual intelligence and learning motivation on students at Ma’had Ali bin Abi Thalib Yogyakarta. The type and approach of this research is field research with a qualitative (descriptive) approach. The research subjects were six (6) students. Data collection was done by the methods of interview, observation, and documentation. Data analysis techniques were done using reduction, presentation, withdrawal, and data credibility. The results of this study indicate that: 1) the effective learning process of students is that, in their learning activities, the aspect of attendance and work on assignments is categorized to be good. It is seen from the discussions, asking friends to repeat the material, and studying together. The place and learning organizations use The Genealogy of Lughah al-Arabiyah curriculum. The teachers also have motivated to learn and assist in understanding the material. Then the supporting factor comes from themselves because of their interest in learning Arabic. 2) Students’ intellectual intelligence is obtained by repeating the subject matter, listening to the teacher’s explanation, and asking friends and teachers. 3) Students’ learning motivation is the encouragement in learning Arabic and Islamic studies, the ability to speak active or passive Arabic, and the fact that Arabic is the science of learning the Qur’an. 4) Then the effect of the effective learning process can be seen from the students themselves, whether they were graduated from the Islamic boarding house or have studied Arabic before. It is because the obstacle that is often in students is the basic mastery of Arabic.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjecteffective learning processen_US
dc.subjectintellectual intelligenceen_US
dc.subjectlearning motivationen_US
dc.titlePROSES BELAJAR EFEKTIF DALAM MEMBENTUK KECERDASAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA MAHAD ALI BIN ABI THALIB YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record