Show simple item record

dc.contributor.authorYANTO, HERU MEI
dc.date.accessioned2020-10-28T02:20:15Z
dc.date.available2020-10-28T02:20:15Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35822
dc.descriptionTugas utama polisi adalah memberikan rasa aman dan perlindungan kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Sehingga kekuatan fisik menjadi syarat utama menjadi anggota polisi. Sebuah fenomena menarik di Kulonprogo perlu diangakat untuk diteliti karena disini polisi bukan hanya dipersiapkan dengan kekuatan fisik tetapi dilengkapi dengan kekuatan spiritual yang ikemas dalam bingkai Pendidikan kerohanian Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja anggota polri di Polres Kulonprogo, mengkaji pelaksanaan pendidikan kerohanian islam anggota polri di Polres Kulonprogo, dan enemukan model pendidikan kerohanian Islam terhadap peningkatan kinerja anggota Polri di Polres Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan sebagaimana layaknya dalam penelitian kualitatif adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan model analisis holistik. Adapun subyek penelitian adalah seluruh anggota Polri Polres Kulonprogo. Wawancara medalam dilakukan terhadap Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara Tinggi, serta Brigadir Polri di Polres Kulonprogo. Informasi yang diperoleh dari para informan selanjutnya direduksi, dicek kesahihannya serta di interprestasikan untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kerohanian Islam di Polres Kulonprogo dilakukan melalui pelaksanaan konsultasi, diskus, dan ceramah. Model pendidikan kerohanian Islam dikombinasi antara kurikulum Polres dengan kurikulum yang bermuatan nilai-nilai Islam dengan program penunjang kurikulum untuk membentuk karakter kinerja. Penunjang kurikulum adalah kegiatan tadarus al-Qur'an, pembacaan hadits selesai sholat dhuhur, Shalat berjamaah dhuhur dan ashar, tahlilan, safari sholat isya dan shalat subuh, peringatan Hari Besar Islam, pembinaan mental terhadap anggota setiap apel pagi, Penataran BP4 bagi anggota Polri yang akan melaksanakan pernikahan, Pelayanan konseling bagi anggota yang bermasalah, silaturahmi Kamtibmas dan pembagian zakat fitrah. Tujuan dari pendidikan kerohanian ini adalah untuk menumbuhkan pribadi yang LUWES Lillahitta‟ala, Utama, Wasis, Entengan, Syukur.en_US
dc.description.abstractThe main duty of Police in Indonesia is to provide security and protection to all people in Indonesia. Physical strength becomes the primary requirement for a police officer. The researchers feel the need to study the uniqueness of phenomena in Kulonprogo. Here, the police are not only prepared with the physical strength but also spiritual strength, which framed in Islamic Spiritual Education Program. The purpose of this research is to know the performance, to review the implementation of Islamic Religious Education, and to find the right Islamic religious education model for the performance enhancement of the Police member in Kulonprogo Regional Police Station. This research is descriptive qualitative research. The technique to collect data used observation, interview, and documentation technique. The collected data had analyzed using a holistic analysis model. The subject of this research was all the Police Members in Kulonprogo Regional Police Station. The researcher had done a deep interview with the Mid Rank Officer, Low Rank Officer, High Non-Commissioned Officer, and Police Brigadier in Kulonprogo Regional Police Station. The information gained from the interview, subsequently, had reduced and checked the originality, and also had interpreted to answer the research problem. The result shows that Islamic Religious Education in Kulonprogo Regional Police Station has done through the implementation of consultation, discussion, and religious preaching. The Islamic Religious Education model has combined between the Police curriculum and the curriculum that has Islamic value, with the curriculum supporting program to form performance character. The supporting curriculum is reciting Al-Qur’an, reciting Hadith after Dhuhur Prayer, praying together in Dhuhur and Ashar prayer time, reciting tahlilan, praying Isya and Subuh prayer in different mosque every day, commemorating Islamic days, carrying out mental guiding to the Police Members every morning parade, upgrading BP4 for Police member who will marry, doing counseling service to Police member who has a problem, Kamtibmas Silaturahmi, and distributing Zakat Fitrah. The purpose of this religious education is to reach a flexible character, which is Lillahitta‟ala, Utama, Wasis, Entengan, Syukur.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectIslamic Religious Educationen_US
dc.subjectRegional Police Stationen_US
dc.subjectKulonprogoen_US
dc.titlePENDIDIKAN KEROHANIAN ISLAM SEBAGAI PENGEMBANGAN KINERJA ANGGOTA POLRI DI POLRES KULON PROGO DIYen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record