Show simple item record

dc.contributor.authorSUDIRMAN, SUBHAN AJRIN
dc.date.accessioned2020-10-28T02:51:35Z
dc.date.available2020-10-28T02:51:35Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35827
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan optimisme, dukungan sosial, dan efikasi diri akademik terhadap penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris yang dimediasi oleh persepsi nilai budaya siri’. Responden penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 1, 2 dan 3 di Kota Makassar. Jumlah responden penelitian sebanyak 346 pelajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah writing task, skala optimisme, skala dukungan sosial, skala efikasi diri akademik, dan skala persepsi nilai budaya siri’. Data dianalisis dengan menggunakan structural equation model. Hasil penelitian menunjukkan model struktural yang diuji telah memenuhi standar fit dari suatu model yang berdasar pada standar nilai RMSEA, nilai CFI, nilai GFI, dan CMINDF. Hasil uji pengaruh langsung menghasilkan optimisme berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris; dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris; efikasi diri akademik berpengaruh terhadap penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris; sedangkan persepsi nilai budaya siri’ berpengaruh signifikan terhadap penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris. Hasil uji efek tidak langsung menghasilkan nilai optimisme dengan penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris sebesar 0,487; nilai antara dukungan sosial dengan penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris sebesar 0,157; begitu pula dengan nilai antara efikasi diri akademik dengan penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris menunjukkan angka sebesar 0,232. Hasil penelitian ini memperkuat peran persepsi nilai budaya siri’ sebagai variabel mediator. Hasil perhitungan koefisien determinasi variabel eksogen menunjukkan angka sebesar 0,986. Sedangkan untuk variabel eksogen yang kedua yaitu persepsi nilai budaya siri’ dengan variabel endogennya adalah penguasaan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris siswa menghasilkan nilai sebesar 0,706.en_US
dc.description.abstractThis study aims to investigates the relations of optimism, social support, and academic self-efficacy towards mastery of English paragraph writing skills that mediated by the perception of siri’ cultural values. The respondent of the study is state islamic senior high school students in Makassar. The number of population are 2556 students with 346 sampling. Instrument that used in this study are writing task, optimism scale, social support scale, academic self-efficacy, and value perception scale of siri’ culture. The data analysed by using structural equation model. The result of the study shows that tested structural model fulfilled the fit standard of the model based on RMSEA, CFI, GFI, and CMINDF mark. The result of direct effect test produce optimism affected significantly towards English paragraph writing skills ; social support did not affect towards English paragraph writing skills; academic self-efficacy did not affect towards English paragraph writing skills; however, the value perception of siri’ culture affected significantly towards English paragraph writing skills. Meanwhile the result of indirect effect test produce optimism mark with English paragraph writing skills smaller if we compare with the score between optimism through value perception of siri’ culture; the value between social support with English paragraph writing skills also smaller if comparing with the value between social support and English paragraph writing skills through value perception of siri’culture; so does the value between academic self-efficacy with English paragraph writing skills shown smaller if we compare with academic self-efficacy score and English paragraph writing skills through perception value of siri’ culture. The result of this study enhance the role of perception value of siri’ culture as mediator variable. The exogen variable determination coeficcient calculation result shows the 0,986 score Meanwhile, the second exogenous variable, value perception of siri’ culture with the endogenous variable is mastery of students’ English writing paragraph skills, produce the 0,706 scores.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectperception value of siri’ cultureen_US
dc.subjectoptimismen_US
dc.subjectsocial supporten_US
dc.subjectacademic self-efficacyen_US
dc.subjectEnglish writing skillsen_US
dc.titleOPTIMISME, DUKUNGAN SOSIAL, DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS MELALUI PERSEPSI NILAI BUDAYA SIRI’en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record