Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMATULLAH, AZAM SYUKUR
dc.date.accessioned2023-03-31T03:30:57Z
dc.date.available2023-03-31T03:30:57Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/36544
dc.descriptionTulisan ini membahas tentang bagaimana mendidik diri untuk menyemaikan cinta kasih kepada anak. Hal ini dikarenakan di era modernisasi ditemukan banyak penelitian yang menyatakan tentang tindakan krisis kasih sayang terhadap anak. Maraknya kekerasan, bullying yang dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya, atau dilakukan oleh orang dewasa kepada anak. Hal yang demikian tentu saja meresahkan dan memprihatinkan, di sisi lain akan menjadi beban psikologis anak di masa sekarang dan masa depan. Oleh karenanya tulisan ini memperdalam berkaitan tentang olah rasa, olah pikir dan olah perilaku dalam mencintai dan mengasihi anak yang sesungguhnya. Pendekatan kajian yang digunakan adalah pendekatan filsafat ilmu, yang di dalamnya memuat kajian ontologis, epistimologis dan aksiologis. Kajian ontologis nampak pada pemaparan terkait dengan apa dan mengapa tentang krisis cinta kasih kepada anak. Kemudian kajian epistimologis berkaitan dengan cinta kasih dalam tinjauan filosofi,dan juga berkaitan tentang kemengapaan cinta kepada anak ditanggalkan serta bagaimana cara mendidik diri untuk memberi cinta kasih kepada anak. Sedangkan kajian aksiologisnya adalah tentang apa kebermanfaatan mendidik diri dalam memberi cinta kasih kepada anak.en_US
dc.description.abstractTulisan ini membahas tentang bagaimana mendidik diri untuk menyemaikan cinta kasih kepada anak. Hal ini dikarenakan di era modernisasi ditemukan banyak penelitian yang menyatakan tentang tindakan krisis kasih sayang terhadap anak. Maraknya kekerasan, bullying yang dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya, atau dilakukan oleh orang dewasa kepada anak. Hal yang demikian tentu saja meresahkan dan memprihatinkan, di sisi lain akan menjadi beban psikologis anak di masa sekarang dan masa depan. Oleh karenanya tulisan ini memperdalam berkaitan tentang olah rasa, olah pikir dan olah perilaku dalam mencintai dan mengasihi anak yang sesungguhnya. Pendekatan kajian yang digunakan adalah pendekatan filsafat ilmu, yang di dalamnya memuat kajian ontologis, epistimologis dan aksiologis. Kajian ontologis nampak pada pemaparan terkait dengan apa dan mengapa tentang krisis cinta kasih kepada anak. Kemudian kajian epistimologis berkaitan dengan cinta kasih dalam tinjauan filosofi,dan juga berkaitan tentang kemengapaan cinta kepada anak ditanggalkan serta bagaimana cara mendidik diri untuk memberi cinta kasih kepada anak. Sedangkan kajian aksiologisnya adalah tentang apa kebermanfaatan mendidik diri dalam memberi cinta kasih kepada anak.en_US
dc.publisherJurnal Filsafat Indonesia : Universitas Pendidikan Ganeshaen_US
dc.titlePENDIDIKAN CINTA KASIH ANAK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ILMUen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Books
    Berisi buku-buku karya dosen UMY yang diterbitkan oleh penerbit selain UMY Press dan buku ajar dosen.

Show simple item record