Show simple item record

dc.contributor.authorMadjid, Abd.
dc.date.accessioned2016-09-29T11:39:38Z
dc.date.available2016-09-29T11:39:38Z
dc.date.issued2015-12-20
dc.identifier.isbn9789791570985
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3677
dc.description.abstractSetiap rumusan pendidikan berawal dari konsep dasar manusia dalam berbagai dimensinya, yang merupakan refleksi dari pemikiran-pemikiran dinamis atau kenyataan-kenyataan empirik. Antara konsep dasar pendidikan dan konsep dasar manusia terdapat hubungan yang erat. Tanpa berorientasi pada manusia sebagai acuan dasarnya, rumusan-rumusan teoritis pendidikan akan mengalami stagnasi dan tidak berdaya dalam mengantisipasi perubahan. Praktik-praktik kependidikan tidak pelak lagi pasti akan mengalami kegagalan, kecuali bila dibangun di atas konsep yang jelas mengenai sifat dasar manusia. Konsep manusia menurut al-Qur’an menempati posisi sentral dalam studi Pendidikan Islam. Orang yang ingin mengetahui secara tuntas sistem Pendidikan Islam, ia harus memahami konsep tentang manusia menurut al-Qur’an, sebab manusialah yang mempunyai dominasi terhadap proses pendidikan. Sifat yang sesungguhnya dari sistem Pendidikan Islam dan perbedaannya dengan sistem pendidikan yang lain hanya dapat dipahami dengan semestinya jika konsep tentang manusia dipahami. Pendidikan Islam, yang memiliki ciri khas religius sebagai predikat esensialnya, seharusnya dibangun atas dasar paradigma al-Qur’an tentang manusia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSabda Mediaen_US
dc.subjectManusiaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titleMANUSIA DALAM TAFSIR AL-MARAGHI, IMPLIKASINYA PADA KONSEP PENDIDIKANen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Books
    Berisi buku-buku karya dosen UMY yang diterbitkan oleh penerbit selain UMY Press dan buku ajar dosen.

Show simple item record