Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZ, ZUHDAN
dc.date.accessioned2016-09-30T14:39:01Z
dc.date.available2016-09-30T14:39:01Z
dc.date.issued2012-02-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4215
dc.descriptionMerupakan pertanggung jawaban penciptaan senidari karya videografi bertema perjalanan roh setelah kematian manusia. video berdurasi 45 menit, menggunakan berbagai teknik animasi dengan gaya penceritaan surealis dan pendekatan penceritaan experimental, teknik videogravi dengan gaya fluxus dalam the new media art (seni media baru)en_US
dc.description.abstractKematian merupakan misteri sekaligus menakutkan.Bisa datang menemui siapapun, kapanpun dan dimanapun, serta oleh sebab apapun.Meski jasad telah mati, roh (spirit) sebagai entitas jiwa dapat melakukan perjalanannya di alam pasca kematian. Adapun perspektifperjalanan roh ini berlaku sesuai mitos, budaya, sosiologi, filsafat pemikiran maupun keyakinan yang dianut masyarakatnya. Karya-karya seni bertema kematian yang cenderung bergaya surealis, terutamafilm animasi (“Father And Daughter” karya Michel Dudok De Witt) dan video iklan “Hari Terakhir” versi “Kamboja”(karya Petak Umpet Agency)memberikan gambaran inspiratif untuk mendukung ide penciptaan karya video ini.Metode penciptaan karya video ini menggunakan proses kreativitas, dengan tahapan penciptaan yang memungkinkan idedirumuskan, diolah dalam konsep-konsep produksi, dituangkan dalam teknik-teknik kreativitas dan seni, sampai dieksekusi (diproduksi), diedit dan disajikan serta diuji sebagai karya video. Adapun secara teknis penciptaan, eksekusi kreatif dilakukan dengan teknik animasi dan video static single camera serta moving camera dengan pesawat terbang. Sebagai kesimpulan dari penciptaan karya ini, bahwa : Video eksperimental mampu menjadi media perluasan tubuh, imajinasi, kontemplasi dan berusaha secara independen mengeksplorasi kemungkinan visualisasi yang artistik. Video cenderung tidak naratif, tidak linear bahkan abstrak dan surealis. Struktur dramatisasi plot ceritanya pun secara keseluruhan dibangun dengan gaya mozaik, dimana sebagian besar adegan berstruktur tiga babak. Sedangkan penyajian karya video dengan aplikasi seni fluxus ini menggunakan layar (screen) dan instalasi, yang menekankan peristiwa.en_US
dc.description.sponsorshipUMY , Pasca Sarjana ISI Yogyakartaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherISI Yogyakartaen_US
dc.subjectThe spirit tour, Experimental, Video, Fluxus, Art, Mediaen_US
dc.titleTAMASYA ROHen_US
dc.title.alternativePenciptaan Seni Video Experimentalen_US
dc.title.alternativeThe Tour Of Rohen_US
dc.typeAnimationen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record