View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP METODE KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM AL-QURAN (TELAAH KATA QAULAN)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (20.14Kb)
      HALAMAN JUDUL (840.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (311.5Kb)
      ABSTRACT (186.0Kb)
      BAB I (285.8Kb)
      BAB II (391.2Kb)
      BAB III (288.5Kb)
      BAB IV (837.1Kb)
      BAB V (271.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (233.9Kb)
      LAMPIRAN (83.70Kb)
      Date
      2016-08-29
      Author
      HASTUTI, MARDZIYAH TRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Al-Quran mengajarkan umat manusia untuk melakukan komunikasi dengan bertutur kata yang baik, agar tercipta suasana dan hubungan yang baik antara penyampai dan penerima pesan. Terdapat beberapa cara atau model bertutur kata atau komunikasi, yang semestinya diterapkan oleh siapa saja pada umumnya, dan khususnya diterapkan oleh pendidik dalam menyampaikan pelajaran maupun memberikan nasehat kepada peserta didiknya. Salah satu hal yang harus diperhatikan pendidik terkhususnya dalam memberikan pengajaran, yaitu dengan paham bagaimana metode komunikasi yang baik. Dapat diketahui bahwa komunikasi yang baik dapat menunjang kompetensi sosial seorang pendidik. Oleh sebab itu seorang pendidik harus memahami benar bagaimana metode komunikasi yang seharusnya digunakan terutama pada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode komunikasi yang semestinya digunakan oleh pendidik yang berdasarkan pada al-Quran. Pengkajian pada penelitian ini adalah kata qaulan dalam al-Quran yang sudah banyak diketahui sebagai ayat komunikasi, yang peniliti simpulkan sebagai metode komunikasi yang seharusnya pendidik gunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Sumber penelitian berupa buku-buku, jurnal, dan beberapa tulisan lainnya yang sejenis. Adapun pendekatannya menggunakan pendekatan semantik. Karena ingin mengetahui bagaimana makna katanya yang diteliti dan maksud penggunaannya. Penelitian ini memiliki beberapa kesimpulan tentang metode komunikasi pendidik dalam al-Qur’an, yakni: penggunaan metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan ma’rūfan, metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan sadīdan, metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan layyīnan, metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan ṣaqīlan, metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan balīgan, metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan ‘aẓīman, metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan karīman, dan metode komunikasi pendidik dalam konsep qaulan maysūran.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5240
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV