dc.contributor.author | ABIDSYAH, JUMAIDA AULIA | |
dc.date.accessioned | 2016-10-20T00:27:21Z | |
dc.date.available | 2016-10-20T00:27:21Z | |
dc.date.issued | 2016-08-29 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5241 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan dan merumuskan prinsip
pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum sebagai hasil kajian
terhadap nilai-nilai yang terdapat dalam al-Qur`an, hadis dan sejarah Islam.
Kedua, untuk mengetahui relevansi antara prinsip pendidikan Rasulullah kepada
‘Abdullah bin Ummi Maktum dengan pendidikan bagi anak tunanetra.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan
cara dokumentasi. Data dianalisis secara konten dengan menghimpun dan
menganalisis dokumen dan buku, baik yang bersifat teoritis maupun empiris.
Hasil penelitian menunjukkan prinsip pendidikan Rasulullah kepada
‘Abdullah bin Ummi Maktum mencakup enam prinsip, yaitu prinsip tauhid,
ibadah, akhlak, kemasyarakatan, kepercayaan dan penghargaan, serta prinsip
kasih sayang. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya relevansi antara
pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum dengan pendidikan
anak tunanetra. Pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum
menekankan pada pendidikan tauhid, mencakup akidah, akhlak, ibadah dan sosial,
yang semuanya dikemas dengan kasih sayang dan kepercayaan serta penghargaan.
Kesadaran terhadap pendidikan tauhid inilah yang selanjutnya memunculkan
pengertian pada diri anak tunanetra untuk mampu mandiri, swasembada, bersikap
ekstrover, dan mampu bersosialisasi secara wajar dengan lingkungannya | en_US |
dc.description.abstract | This research aims at explaining and formulating the education principles of
Rasulullah for ‘Abdullah bin Ummi Maktum as the result of studying Islamic
values in Al Qu’ran, hadith, and Islam history. In addition, it is to find out the
relevance of educational principles of Rasulullah for ‘Abdullah bin Ummi
Maktum using education for blind children.
This research employed qualitative approach. The data were collected using
documentation, and then the content was analyzed by collecting documents and
books, whether theoretically or empirically.
The research result shows that the education principles of Rasulullah for
‘Abdullah bin Ummi Maktum comprises six principles – monotheism, worship,
moral, social, trust and appreciation, and affection. The research finding shows
that there is relevance between Rasulullah’s education for ‘Abdullah bin Ummi
Maktum through education for blind children. Rasulullah’s education for
‘Abdullah bin Ummi Maktum emphasizes education of monotheism, aqidah,
moral, worship and social, which are wrapped with affection, trust, and
appreciation. The awareness for having monotheism education generates
understanding for blind children to be independent, self-supporting, extrovert, and
able to socialize normally with the society. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | principle; education; Rasulullah; blind children. Prinsip; Pendidikan; Rasulullah; Tunanetra | en_US |
dc.title | PRINSIP PENDIDIKAN RASULULLAH KEPADA ‘ABDULLAH BIN UMMI MAKTUM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN TUNANETRA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
230 | en_US |