Show simple item record

dc.contributor.authorABIDSYAH, JUMAIDA AULIA
dc.date.accessioned2016-10-20T00:27:21Z
dc.date.available2016-10-20T00:27:21Z
dc.date.issued2016-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5241
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menerangkan dan merumuskan prinsip pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum sebagai hasil kajian terhadap nilai-nilai yang terdapat dalam al-Qur`an, hadis dan sejarah Islam. Kedua, untuk mengetahui relevansi antara prinsip pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum dengan pendidikan bagi anak tunanetra. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Data dianalisis secara konten dengan menghimpun dan menganalisis dokumen dan buku, baik yang bersifat teoritis maupun empiris. Hasil penelitian menunjukkan prinsip pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum mencakup enam prinsip, yaitu prinsip tauhid, ibadah, akhlak, kemasyarakatan, kepercayaan dan penghargaan, serta prinsip kasih sayang. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya relevansi antara pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum dengan pendidikan anak tunanetra. Pendidikan Rasulullah kepada ‘Abdullah bin Ummi Maktum menekankan pada pendidikan tauhid, mencakup akidah, akhlak, ibadah dan sosial, yang semuanya dikemas dengan kasih sayang dan kepercayaan serta penghargaan. Kesadaran terhadap pendidikan tauhid inilah yang selanjutnya memunculkan pengertian pada diri anak tunanetra untuk mampu mandiri, swasembada, bersikap ekstrover, dan mampu bersosialisasi secara wajar dengan lingkungannyaen_US
dc.description.abstractThis research aims at explaining and formulating the education principles of Rasulullah for ‘Abdullah bin Ummi Maktum as the result of studying Islamic values in Al Qu’ran, hadith, and Islam history. In addition, it is to find out the relevance of educational principles of Rasulullah for ‘Abdullah bin Ummi Maktum using education for blind children. This research employed qualitative approach. The data were collected using documentation, and then the content was analyzed by collecting documents and books, whether theoretically or empirically. The research result shows that the education principles of Rasulullah for ‘Abdullah bin Ummi Maktum comprises six principles – monotheism, worship, moral, social, trust and appreciation, and affection. The research finding shows that there is relevance between Rasulullah’s education for ‘Abdullah bin Ummi Maktum through education for blind children. Rasulullah’s education for ‘Abdullah bin Ummi Maktum emphasizes education of monotheism, aqidah, moral, worship and social, which are wrapped with affection, trust, and appreciation. The awareness for having monotheism education generates understanding for blind children to be independent, self-supporting, extrovert, and able to socialize normally with the society.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectprinciple; education; Rasulullah; blind children. Prinsip; Pendidikan; Rasulullah; Tunanetraen_US
dc.titlePRINSIP PENDIDIKAN RASULULLAH KEPADA ‘ABDULLAH BIN UMMI MAKTUM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN TUNANETRAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 230en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record