View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STUDI KRITIS KONSEP ETIKA MURID TERHADAP GURU PERSPEKTIF AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLIM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (134.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (389.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (64.73Kb)
      ABSTRACT (167.3Kb)
      BAB I (321.7Kb)
      BAB II (251.6Kb)
      BAB III (224.9Kb)
      BAB IV (522.0Kb)
      BAB V (139.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (287.9Kb)
      LAMPIRAN (139.2Kb)
      Date
      2016-08-30
      Author
      AFRIYYANI, NAILI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep etika murid terhadap guru perspektif az-Zarnuji dan mengkaji secara kritis terkait konsep etika murid perspektif az-Zarnuji. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab Ta’līm al-Muta’allim, sedangkan sumber data sekunder adalah Pemikiran Pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) etika murid terhadap guru menurut az-Zarnuji meliputi; a) etika berbicara, b) etika bertamu, c) etika duduk, d) etika mendengar. (2) terdapat tiga etika (etika berbicara, etika mendengar dan etika duduk) yang masih relevan dan dapat diaplikasikan akan tetapi dengan catatan tidak dapat diaplikasikan secara tekstual dan dimaknai secara general. Apabila ketiga etika murid ini dimaknai secara tekstual dan general maka akan memberikan dampak negatif kepada siswa berupa sikap pasif dan menyebabkan siswa sedikit berpikir sehingga dapat menghambat sistem pembelajaran siswa aktif. Adapun etika bertamu tidak relevan dan tidak dapat diaplikasikan. Hal ini disebabkan tidak adanya persamaan antara etika bertamu menurut az-Zarnuji dengan etika bertamu yang terdapat dalam QS. an-Nūr ayat 27-28.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5282
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV