View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-GHAZALI (450 H/1058 M – 505 H/1111 M)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (136.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (399.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (312.5Kb)
      ABSTRACT (167.4Kb)
      BAB I (299.8Kb)
      BAB II (359.5Kb)
      BAB III (173.5Kb)
      BAB IV (585.2Kb)
      BAB V (186.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (210.0Kb)
      LAMPIRAN (84.52Kb)
      LAMPIRAN (1.034Mb)
      LAMPIRAN (766.8Kb)
      Date
      2016-05-20
      Author
      ALIATUNISA, NUR ISMAYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa secara mendalam berkaita dengan pendekatan humanistik dalam pendidikan Islam menurut al-Ghazali, yang terdapat dalam beberapa karyanya, diantaranya; Ihya’Ulumiddin, Ayyuhal Walad, Mi`yar al-‘Ilm, Majmū’ah Rasā`il al-Imām al-Ghazālῑ. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif . dengan objek penelitiannya yaitu beberapa karya al-Ghazali yang ada kaitannya dengan metode pendidikan Islam. Penekanan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menemukan berbagai prinsip, dalil, teori, pendapat dan gagasan al-Ghazali dalam pendekatan humanistiknya yang tersirat dalam karya-karyanya tersebut. Metode analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) dalam pendidikan ada dua aspek yang harus diperhatikan oleh pendidik yaitu aspek fisik dan psikis. Aspek psikis memiliki unsur transendental, dan setiap pendidik perlu untuk memiliki kemampuan membaca psikis, meluruskan niat untuk memberikan pendidikan semata-mata mencari riḍa dari Allah Swt; 2) Pendidik memberikan pengarahan untuk mencapai seluruh aspek tersebut, dan tujuan pendidikan, pendidik haruslah memehami kapasitas akal yang dimiliki oleh peserta didik dan pendidik harus menjadi cerminan prilaku terpuji, yang bisa dicontoh oleh segenap peserta didik. Pendidikan menjadi sarana untuk meyempurnakan intelegensi peserta didik, memperbaiki akhlak peserta didik, pendidikan Islam harus bisa menjadi lembaga tempat peserta didik menempa diri dan menjadi insan kamil yang bertakwa kepada Allah Swt. Pendidikan yang baik menurut al-Ghazali adalah, pendidikan yang mengajarkan ilmu secara bertahap, dimulai dari ilmu yang paling penting, seperti ilmu agama menuju ilmu lainnya yang lebih penting.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5302
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV