Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorSAPUTRA, WILDAN
dc.date.accessioned2016-10-26T01:59:37Z
dc.date.available2016-10-26T01:59:37Z
dc.date.issued2016-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5326
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan utuk melihat strategi guru dalam mengajarkan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits (studi kasus SMA Muhammadiyah Kasihan). Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengajarkan baca al-Qur’an kepada siswa, bagaimana hasil dari strategi guru, serta faktor pendukung serta penghambat proses pembelajaran Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajran Qur’an Hadits serta peserta didik SMA Muhammadiyah Kasihan kelas X, XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengajarkan membaca al-Qur’an adalah dengan menggunakan strategi yang bervariasi, seperti pembelajaran didalam kelas, pembelajaran di luar kelas, pembelajaran di luar jam sekolah. (2) Adapun hasil dari strategi yang dilakukan adalah berhasil, seperti siswa menjadi mampu dalam membaca al-Qur’an, mengenal hukum tajwid dalam al-Qur’an, mampu menghafal ayat-ayat pendek dalam al-Qur’an. (3) Sedangkan faktor pendukung sekolah sangat sangat bersemangat dalam mengambangkan kemampuan siswa untuk membaca al-Qur’an, seperti mendatangkan pengajar khusus dalam mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, tersedianya buku jus amma, al-Qur’an hadits, perpustakaan, al-Qur’an digital. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pengajar PAI khusus yang mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, gedung khusus untuk belajar membaca al-Qur’an, siswa yang bermasalah.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan utuk melihat strategi guru dalam mengajarkan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits (studi kasus SMA Muhammadiyah Kasihan). Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengajarkan baca al-Qur’an kepada siswa, bagaimana hasil dari strategi guru, serta faktor pendukung serta penghambat proses pembelajaran Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajran Qur’an Hadits serta peserta didik SMA Muhammadiyah Kasihan kelas X, XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengajarkan membaca al-Qur’an adalah dengan menggunakan strategi yang bervariasi, seperti pembelajaran didalam kelas, pembelajaran di luar kelas, pembelajaran di luar jam sekolah. (2) Adapun hasil dari strategi yang dilakukan adalah berhasil, seperti siswa menjadi mampu dalam membaca al-Qur’an, mengenal hukum tajwid dalam al-Qur’an, mampu menghafal ayat-ayat pendek dalam al-Qur’an. (3) Sedangkan faktor pendukung sekolah sangat sangat bersemangat dalam mengambangkan kemampuan siswa untuk membaca al-Qur’an, seperti mendatangkan pengajar khusus dalam mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, tersedianya buku jus amma, al-Qur’an hadits, perpustakaan, al-Qur’an digital. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pengajar PAI khusus yang mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, gedung khusus untuk belajar membaca al-Qur’an, siswa yang bermasalah.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectStrategi, Siswa Membaca Al-Qur’an, Mata Pelajaran Al-Qur’an Haditsen_US
dc.titleSTRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah Kasihan).en_US
dc.typeThesis SKR FAI 184en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record