View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah Kasihan).

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (84.04Kb)
      HALAMAN JUDUL (164.6Kb)
      ABSTRACT (145.8Kb)
      BAB I (357.0Kb)
      BAB II (348.9Kb)
      BAB III (162.0Kb)
      BAB IV (1.171Mb)
      BAB V (148.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (206.9Kb)
      Date
      2016-08-29
      Author
      SAPUTRA, WILDAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan utuk melihat strategi guru dalam mengajarkan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits (studi kasus SMA Muhammadiyah Kasihan). Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengajarkan baca al-Qur’an kepada siswa, bagaimana hasil dari strategi guru, serta faktor pendukung serta penghambat proses pembelajaran Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajran Qur’an Hadits serta peserta didik SMA Muhammadiyah Kasihan kelas X, XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengajarkan membaca al-Qur’an adalah dengan menggunakan strategi yang bervariasi, seperti pembelajaran didalam kelas, pembelajaran di luar kelas, pembelajaran di luar jam sekolah. (2) Adapun hasil dari strategi yang dilakukan adalah berhasil, seperti siswa menjadi mampu dalam membaca al-Qur’an, mengenal hukum tajwid dalam al-Qur’an, mampu menghafal ayat-ayat pendek dalam al-Qur’an. (3) Sedangkan faktor pendukung sekolah sangat sangat bersemangat dalam mengambangkan kemampuan siswa untuk membaca al-Qur’an, seperti mendatangkan pengajar khusus dalam mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, tersedianya buku jus amma, al-Qur’an hadits, perpustakaan, al-Qur’an digital. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pengajar PAI khusus yang mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, gedung khusus untuk belajar membaca al-Qur’an, siswa yang bermasalah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5326
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV