STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah Kasihan).
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk melihat strategi guru dalam mengajarkan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits (studi kasus SMA Muhammadiyah Kasihan). Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengajarkan baca al-Qur’an kepada siswa, bagaimana hasil dari strategi guru, serta faktor pendukung serta penghambat proses pembelajaran
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajran Qur’an Hadits serta peserta didik SMA Muhammadiyah Kasihan kelas X, XI dan XII. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengajarkan membaca al-Qur’an adalah dengan menggunakan strategi yang bervariasi, seperti pembelajaran didalam kelas, pembelajaran di luar kelas, pembelajaran di luar jam sekolah. (2) Adapun hasil dari strategi yang dilakukan adalah berhasil, seperti siswa menjadi mampu dalam membaca al-Qur’an, mengenal hukum tajwid dalam al-Qur’an, mampu menghafal ayat-ayat pendek dalam al-Qur’an. (3) Sedangkan faktor pendukung sekolah sangat sangat bersemangat dalam mengambangkan kemampuan siswa untuk membaca al-Qur’an, seperti mendatangkan pengajar khusus dalam mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, tersedianya buku jus amma, al-Qur’an hadits, perpustakaan, al-Qur’an digital. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya tenaga pengajar PAI khusus yang mengajarkan pembelajaran membaca al-Qur’an, gedung khusus untuk belajar membaca al-Qur’an, siswa yang bermasalah.