Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUFUF A
dc.contributor.authorNUR, ANDI MUHAMMAD IKHWAN
dc.date.accessioned2016-10-26T06:45:47Z
dc.date.available2016-10-26T06:45:47Z
dc.date.issued2016-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5359
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran TIK di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta di jalan Letjend S. Parman Nomor 68 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan jumlah dibatasi dengan menggunakan metode sampel. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis media pembelajaran berbasis IT di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ada beragam. terdapat LCD, proyektor, slide show / power point, komputer, laptop, speker, mikropon dan yang terakhir yaitu media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi edmodo. Efektivitas media pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran TIK di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dibagi menjadi tiga. Pertama, pembelajaran efektif pada mata pelajaran TIK sudah berjalan cukup maksimal. Kedua, peran guru TIK dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT sudah berjalan baik, namun terkadang masih memiliki hambatan. Ketiga, dampak yang dirasakan oleh para siswa di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ketika belajar TIK menggunakan media pembelajaran berbasis IT sangat positif dan begitu antusias. Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran TIK dibagi menjadi dua faktor. Pertama, pihak madrasah sudah melengkapi setiap kelas dengan LCD / Projector dalam menunjang pembelajaran IT khususnya pada mata pelajaran TIK. Kedua, ada dua hambatan yang dihadapi terkait penggunaan media pembelajaran IT pada mata pelajaran TIK di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pertama dari guru itu sendiri. Faktor yang kedua terkait dengan media pembelajaran IT itu sendiri, khususnya komputer.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran TIK di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta di jalan Letjend S. Parman Nomor 68 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan jumlah dibatasi dengan menggunakan metode sampel. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis media pembelajaran berbasis IT di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ada beragam. terdapat LCD, proyektor, slide show / power point, komputer, laptop, speker, mikropon dan yang terakhir yaitu media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi edmodo. Efektivitas media pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran TIK di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dibagi menjadi tiga. Pertama, pembelajaran efektif pada mata pelajaran TIK sudah berjalan cukup maksimal. Kedua, peran guru TIK dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT sudah berjalan baik, namun terkadang masih memiliki hambatan. Ketiga, dampak yang dirasakan oleh para siswa di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ketika belajar TIK menggunakan media pembelajaran berbasis IT sangat positif dan begitu antusias. Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran berbasis IT pada mata pelajaran TIK dibagi menjadi dua faktor. Pertama, pihak madrasah sudah melengkapi setiap kelas dengan LCD / Projector dalam menunjang pembelajaran IT khususnya pada mata pelajaran TIK. Kedua, ada dua hambatan yang dihadapi terkait penggunaan media pembelajaran IT pada mata pelajaran TIK di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pertama dari guru itu sendiri. Faktor yang kedua terkait dengan media pembelajaran IT itu sendiri, khususnya komputer.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectEfektivitas dan media pembelajaran berbasis ITen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT PADA MATA PELAJARAN TIK DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 213en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record