Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.authorDHEVI, ESTRIANA
dc.date.accessioned2016-10-27T06:34:49Z
dc.date.available2016-10-27T06:34:49Z
dc.date.issued2016-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5433
dc.descriptionKomunitas Hijaber Yogyakarta (HCY) merupakan cabang yang pertama dari Komunitas Hijaber yang ingin menggalang anggota sebanyak-banyaknya demi ukhuwah islamiyah dan silaturahmi yang kuat di antara muslimah nusantara. Sampai saat ini HCY masih kesulitan dalam mencapai target jumlah member. Data tahun 2013-2014 yang menunjukkan bahwa member/anggota HCY hanya 187 anggota sehingga masih tergolong sedikit jumlahnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan/nara sumber adalah Public Relations dari Komunitas Hijaber Yogyakarta (HCY) serta anggota dari Komunitas Hijaber Yogyakarta (HCY). Penelitian ini berlokasi di Jl Jalan Cendrawasih Nomer 32 Demangan Baru (House of Dinna). Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis bukti (data. Adapun uji keabsahan data menggunakan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian terkait dengan aktivitas public relations HCY dalam mengubah persepsi calon anggota dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu, Pertama adalah riset yang dilakukan secara informal yang bertujuan untuk menggali informasi dari publik mengenai keinginan, kebutuhan serta mencari tahu mengenai pandangan masyarakat mengenai HCY. Kedua, action (program perencanaan), melalui mengadakan pertemuan dengan anggota public relations HCY serta berkoordinasi dengan devisi lain yang ada di HCY dalam penyusunan dan keputusan membuat program serta menjalin dan membangun relationship dengan pihak – pihak yang dapat membantu mensukseskan program kegiatan yang akan dilakukan melalui sponsorship. Ketiga, communication (memutuskan), public relations HCY mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan HCY baik secara langsung maupun dengan memanfaatkan media untuk lebih mendekatkan diri, mengenalkan sekaligus mensosialisasikan HCY kepada masyarakat khususnya muslimah. Keempat, evaluation (penilaian), dilakukan public relations HCY terhadap semua kegiatan yang sudah dilaksanakan serta untuk mengukur atau sebagai indikator keberhasilan suatu kegiatan.en_US
dc.description.abstractYogyakarta Hijabers Community is the first branch of Indonesian Hijabers Community, who wants to gather the members for Islamiyah Sisterhood and strong relationship between moslems in Indonesia. Until now, HCY has the difficulty in reaching the target number of members. On 2013-2014 showing that HCY only have 187 members and this classified that HCY members is only a few. This research is qualitative descriptive. The informant is the public relations of HCY and the members of HCY. This research is located in Jl. Cendrawasih 32 Demangan Baru (House of Dinna). Researcher using documentation and interview to collect the data. Analysis of the data in this study using analysis of evidence. The result of research related to HCY Public Relations in change the perseption members is done through 4 stages of activities. First, research conducted informally that aims to explore the information from the public about their wants, need, and find out about how people’s views of HCY. Second, Action, held a meeting with members of Public Relation HCY as well as coordinating with other divisions that exist in HCY in the preparation and decision in making program and establish and build relationships with those who can help the success of the program of activities through sponsorship. Third, Communication, Public Relations HCY communicate the activities which will be carried HCY either directly or by using the media to get closer, socializing and introduced HCY to the community especially to Moslems. Fourth, Evaluation by HCY Public Relation to all of activities which already done and as an indicator of success of an activityen_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectThe Activity of Public Relations, Research, Program-Planning, Communication, Evaluation. Aktivitas Public Relations, Riset, Perencanaan Program, Komunikasi, Evaluasi.en_US
dc.titleAKTIVITAS PUBLIC RELATIONS KOMUNITAS HIJABER YOGYAKARTA DALAM MENGUBAH PERSEPSI CALON ANGGOTA TAHUN 2013-2014en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 298en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record