HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK
Abstract
Orang tua akan merasa senang dan bangga bila melihat anak-anak mereka mendapatkan nilai dan prestasi yang baik, sedangkan jika anak-anak mereka mendapatkan nilai dan prestasi yang buruk para orang tua akan sedih dan marah. Prestasi belajar merupakan hal yang menjadi perhatian cukup besar bagi anak-anak yang duduk di bangku sekolah dan juga para orang tua. Anak-anak selalu berusaha mendapatkan nilai dan prestasi yang baik agar tidak dimarahi oleh orang tua dan mendapatkan pujian.
Hasil analisis hipotesisi yang menyatakan terdapat hubungan antara penerimaan orang tua dengan prestasi belajar anak terbukti, baik dengan instrumen Child PARQ: Mother maupun Child PAQ. Hubunagn yang baik antara orang tua dengan anak dapat membantu orang tua dalam meminta anak untuk meningkatkan prestasi belajar karena anak akan menjalaninya dengan perasaan senang.